Ulama Penjilat Penguasa dan Menjadi Pembelanya, Lenyap Dalam Sejarah, Dilupakan dan Ditinggalkan


Headlineislam.com - Inilah pasang surut hubungan Ulama dan penguasa yang tercatat dalam sejarah dan perjuangannya tak terlupakan oleh umat Islam.

📌 Sahabat nabi, Ibnu Al Asy'ats Radhiallahu 'Anhu terbunuh ditangan gubernur Baghdad, Al Hajjaj bin Yusuf Ats Tsaqafi

📌 Sa'id bin Jubeir Rahimahullah, ahli tafsir, murid terbaik Ibnu Abbas, dipancung ditangan Al Hajjaj juga

📌 Abdullah bin Az Zubeir Radhiallahu 'Anhuma, cucu Abu Bakar Ash Shidiq, putra Zubeir bin Awwam, juga dibunuh pasukan Al Hajjaj

📌 Imam Abu Hanifah Rahimahullah wafat saat dipenjara Khalifah Al Manshur, diracuni secara paksa dihadapan Khalifah. Sebagaimana disebutkan dalam Akhbar Abi Hanifah.

📌 Imam Malik Rahimahullah, dihukum cambuk dengan rotan secara telentang oleh Khalifah Abu Ja'far Al Manshur, seperti yg diceritakan Imam Adz Dzahabi dalam Siyar A'lam An Nubala.

📌 Imam Asy Syafi'i Rahimahullah, diusir oleh Gubernur Yaman atas perintah Khalifah Harun Ar Rasyid, dengan cara diikat, dari Yaman ke  Baghdad, seperti yang diceritakan Imam Al Baihaqi dalam Manaqib Asy Syafi'i.

📌 Imam Ahmad bin Hambal Rahimahullah, disiksa selama tiga masa kekhalifahan, karena perbedaannya dengan mereka tentang kemakhlukan Al Quran, mereka meyakini Al Quran sebagai makhluq, sementara Imam Ahmad teguh bahwa Al Quran kalamullah bukan makhluk.

📌 Imam 'Izzuddin bin Abdissalam Rahimahullah, Sulthanul 'Ulama (pimpinan para ulama), ulama pemberani,  Imam Adz Dzahabi menyebutnya mujtahid, Imam 'Izzuddin menjual penguasa saat itu, Najmuddin Ayyub dan jajaran pemerintahannya, dengan keuntungan dikembalikan kepada rakyatnya sendiri, karena pemimpin dan jajaran pemerintahan adalah pelayan, dan rakyat tuannya, maka tuan boleh menjual pelayannya. Kejadian berani ini hanya dilakukan olehnya, tidak pernah ada sebelum dan sesudahnya, penguasa dijual oleh ulama.

📌 Imam An Nawawi Rahimahullah tegas terhadap Malik Zahir yang telah menginginkan fatwa pembenaran memungut biaya jihad dari rakyat yang sedang susah, akhirnya dia diusir dari negerinya. Sikap Imam An Nawawi ini menyadarkan ulama lain yang telah dimanfaatkan oleh Malik Zahir, mereka akhirnya mencabut dukungannya. Raja minta maaf kepada Imam An Nawawi tapi Beliau tegas, tidak akan kembali sampai raja itu wafat.

📌 Imam Ibnu Taimiyah Rahimahullah, sering keluar masuk penjara penguasa zamannya akibat fitnah yang menimpanya.

📌 Syaikh Hasan Al Banna Rahimahullah ditembak di depan kantor Syubbanul Muslimin, oleh kaki katangan Raja Faruq

📌 Syaikh Sayyid Quthb Rahimahullah dihukum gantung oleh Jamal Abdul Nashir, begitu pula Syaikh Abdul Qadir Audah, Syaikh Yusuf Thal'at, Syaikh Muhammad Farghalli

📌 Buya Hamka Rahimahullah dipenjara pada masa Sukarno, karena sikapnya yang Anti Lekra, dan juga tuduhan akan melakukan  pembunuhan terhadap presiden

📌 Masih banyak ulama pejuang yang lainnya .. , walau ada juga ulama yang menjilat penguasa dan menjadi pembelanya,  tapi mereka lenyap dalam sejarah, dilupakan, dan ditinggalkan

📚 Maka, jika seandainya hari ini aktifis  Islam dan para ulama ditangkap, dituduh makar, bahkan dibunuh, itu masih satu paket kisah "Ulama Rabbani Tidak Akan Pernah Tunduk Terhadap Kezaliman Penguasa". Wallahu A'lam.

Penulis : Farid Nu'man Hasan
Editor : Arham

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.