Ini Empat Langkah Buang Racun dari Tubuh


Headlineislam.com - Orang dengan tubuh sehat memiliki sistem pembatas racun dalam tubuh. Untuk memaksimalkan kinerja pembuangan, maka organ usus dan hati mesti terjaga.

"Meningkatkan fungsi hati membantu mengurangi akumulasi produk beracun di jaringan," kata pendiri dan direktur perusahaan kesehatan Be Well Dr. Frank Lipman dikutip dari Time, Ahad (2/7).

Untuk membuat filter alami pada dua organ tersebut, tubuh dapat didorong dengan konsumsi beberapa bahan pembantu. Berikut ini beberapa cara membantu tubuh untuk bisa memaksimalkan pengeluaran racun dalam tubuh.

Awali Hari dengan Lemon

Segera setelah Anda bangun, minumlah segelas air hangat dengan perasan lemon segar.Semalaman tidur akan membuat tubuh dehidrasi karena melakukan proses detoksifikasi. Dengan begitu penting mengembalikan cairan tubuh yang hilang, dan lebih bagus jika menggunakan lemon sebab menghasilkan banyak enzim yang baik untuk pencernaan dan hari.

"Ini akan memberi tubuh Anda elektrolit hidrasi dalam bentuk potasium, kalsium dan magnesium," Dr. Lipman.

Apalagi Vitamin C dalam jus lemon, antioksidan yang kuat, melindungi terhadap radikal bebas, memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Olah Tubuh

Melakukan kegiatan olah raga, bahkan gerakan yoga dalam kamar yang menitik pada tulang belakang akan membantu proses detoksifikasi dan merangsang pencernaan.

"Banyak ketidaknyamanan pencernaan berasal dari stres. Jadi dengan melepaskan cengkeraman dan memegangi perut dan menarik napas dalam-dalam, kita bisa mengendurkan otot dan diafragma, membiarkan sistem GI melakukan pekerjaan yang lebih baik," kata Dr. Lipman.

Konsumi Brokoli

Kurangi peradangan kronis yang telah dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, dan kanker dengan konsumi makanan kaya belerang seperti bawang merah, bawang putih, dan sayuran, termasuk brokoli, kangkung, collard, kubis Brussel, kubis dan kembang kol.

"Makanan ini mengandung antioksidan tinggi, yang mendukung kemampuan tubuh untuk melawan toksin," kata Dr. Lipman. Sebuah studi tahun 2014 mengungkapkan wanita yang makan sayuran paling banyak mengalami pembengkakan jauh lebih sedikit daripada mereka yang makan sedikit.

Minum Teh

Teh yang mengandung dandelion atau milk thistle dapat meningkatkan fungsi hati, membantu mengurangi penumpukan racun dalam jaringan. Dalam sebuah penelitian oleh National Centre for Complementary and Alternative Medicine, peneliti menemukan ramuan milk thistle dapat membantu meningkatkan fungsi hati, melindungi dari kerusakan sel dan merangsang perbaikan jaringan hati.

Studi kanker pun menunjukkan milk thistle dapat memperkuat dinding sel untuk mencegah racun masuk, merangsang enzim yang membuat racun menjadi tidak berbahaya dan menghalangi radikal bebas untuk menyerang sel. Namun, perlu menghindari teh "detoksifikasi" juga menjanjikan dapat mengurangi metabolisme nafsu makan atau rev, karena dapat dicampur dengan ramuan herbal yang memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti agitasi dan sakit kepala.

Sumber : Republika Leasure (rp/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.