Erdogan: Turki Akan Bangun Kapal Induk Sendiri


Headlineislam.com - Turki disebut berkomitmen untuk membangun kapal induknya sendiri sehingga tidak bergantung dengan industri militer negara lain. Rencana tersebut diumumkan langsung oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

“Kita akan membangun kapal induk sendiri,” tutur Erdogan di upacara peresmian kapal Kinaliada Corvette yang diadakan di galangan kapal Istanbul, sebagaimana dikutip dari Russia Today, Selasa (4/7/2017).

Kapal Kinaliada Corvette dibangun langsung oleh Turki di bawah program nasional kapal perang MILGEM yang ditujukan untuk membangun kapal fregat dengan kapabilitas anti-kapal selam berdasarkan teknologi domestik Ankara. Kapal ini adalah kapal korvet kelas Ada keempat yang dibangun secara lokal yang digunakan untuk Angkatan Laut Turki.

Media Turki mewartakan, Kinaliada Corvette akan beroperasional sepenuhnya pada 2019 dengan Erdogan menekankan bahwa Turki perlu mengembangkan industri pertahanan yang mandiri. “Ini penting untuk keamanan Turki,” ujarnya.

“Turki bertujuan untuk mengakhiri ketergantungannya pada industri pertahanan asing pada 2033. Tulang punggung rencana kami harus didasarkan pada peluang nasional. Jika perlu, kita harus berkorban waktu dan biaya,” kata Presiden Turki tersebut. Ia menambahkan, perkembangan pertahanan di Turki ini merupakan ungkapan komitmen pemerintah Ankara terhadap keamanan di bidang maritim dari ancaman.

Sumber : Okezone (oc/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.