Catat! Tahun Ini Jonan Janji Bakal Turunkan Tarif Listrik


Headlineislam.com - Pemerintah memberikan jaminan tarif dasar listrik (TDL) tidak akan naik sampai akhir tahun 2017 ini. Alasannya ingin meningkatkan daya beli masyarakat dan daya saing industri.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, tidak adanya kenaikan harga TDL karena sudah berdasarkan pertimbangan pada daya beli masyarakat.

Jonan juga menegakan, pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) bahkan berusaha untuk menurunkan TDL.

"Bukan hanya tidak ada kenaikkan listrik sampai akhir tahun ini. Tapi, kami juga akan berusaha menurunkannya," ujar Jonan dalam konfrensi pers di kantor ESDM, Jakarta, Rabu (5/7).

Mantan Menteri Perhubungan (Menhub) ini menyebut, target pemerintah adalah penurunan pada TDL industri dan rumah tangga.

Sebelumnya TDL industri diketahui sebesar Rp 1.100 per kilo watt (kWh) dan TDL rumah tangga Rp 1.476 per kWh.

"Nantinya kami akan berusaha menurunkan untuk industri jadi Rp 800 sampai Rp 900 per kWh," katanya.

Bukan hanya kepada pelaku industri, Jonan menyebut penurunan TDL juga akan menyasar kepada rumah tangga. Namun dia belum bisa mengatakan penurunan listrik untuk kategori rumah tangga.

"Golongan rumah tangga ESDM akan berusaha untuk menurunkan, sehingga jadi efisien," pungkasnya.

Sumber : Jawa Pos (jpc/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.