Rodja TV dan Wesal TV, Serupa Tapi Tak Sama?

Foto : Wesal TV posting Aksi Bela Islam 212 di Chanel Youtube resminya
Oleh : Maaher At-Thuwailibi

Headlineislam.com - Beberapa waktu lalu kami mengisi kajian ikhwan & akhwat di satu tempat. tema-nya, “khosho-ishu ahli sunnah wal jama’ah”. setelah kajian selesai, dibuka lah sesi tanya jawab. satu pertanyaan datang dari seorang ummahat. Pertanyaannya cukup membuat dahi ini berkerut sambil sedikit nyengir. Pasalnya, pertanyaannya disampaikan di hadapan umum secara langsung, dibacakan langsung pakai microfon tanpa di tulis di kertas.

“Ustad, bagaimana pendapat ustad tentang TV Rodja ? Dan apa nasehat ustad untuk kami para akhwat dan ummahat terhadap TV-TV dakwah yang layak di ambil ilmunya ? ”, tanya si ibu.

Maka saya jawab:

Kami (Maaher At-Thuwailibi yang faqir ini) dan semua guru-guru kami tidak pernah melarang muslim dan muslimah manapun untuk menimba ilmu dari TV atau Radio mana saja selama ilmu itu bersumber dari Al-Qur’an & As-Sunnah dengan Manhaj Salaful Ummah. TV atau Radio dakwah mana saja silahkan anda dengarkan dan anda simak kajian-kajiannya SELAMA yang di sampaikan adalah pendidikan tauhid, tuntunan ibadah, pensucian jiwa, penanaman iman dan taqwa.

PRINSIP kami simple saja: ILMU yang berbobot dan memiliki nilai adalah ilmu yang menjadikan pemiliknya TAKUT kepada Allah Ta’ala. Jika ada da’i atau ustad atau murobbi yang hobinya mencerca orang, ghibah, menggunjing keburukan orang, menebar aib orang, atau merusak nama baik orang lain atas nama agama, menjatuhkan kehormatan para da’i & aktivis dakwah; maka cukup anda pastikan bahwa ILMUNYA TIDAK MEMBUAHKAN KHASY-YAH (RASA TAKUT) kepada Rabbul ‘Izzah Wal Jalalah.!

Oleh karenanya, kami TIDAK MELARANG untuk mengambil ilmu dari media dakwah mana saja selama=> ILMU ITU MENJADIKAN ANDA TAKUT KEPADA ALLAH, DAN CINTA KEPADA SESAMA HAMBA ALLAH. Karena inilah prinsip ahlus sunnah wal jama’ah yang kami pegang teguh, yaitu: Beramal dengan Sunnah dan menetapi Jama’ah. (yaitu jama’ah kaum muslimin). Sikap fanatik buta dan membatasi orang mengambil ilmu hanya dari mejelisnya saja, atau ustadnya saja, atau media dakwahnya saja, justru ini adalah MANHAJ HIZBIYYAH yang sesat. mesti di waspadai. karena prilaku ini menyerupai aliran sesat LDII / Islam Jama’ah.

Hanya saja, kami sedikit memberikan informasi tentang RodjaTV dan WesalTV. RodjaTV ini ‘saudara kandung’ dengan InsanTV dan SurauTV. kalau WesalTV ‘bersaudara’ dengan UmmatTV. Tapi, fakta unik yang perlu anda catat adalah=> bahwa RodjaTV & WesalTV adalah dua media dakwah yang SERUPA tapi TAK SAMA.

Keserupaannya: Rodja & Wesal sama-sama media dakwah, para murobbi (narasumber) nya sama-sama berjenggot, bergamis, dll.

Ketidaksamaan-nya:

=> WesalTV menayangkan liputan aksi bela islam yang di hadiri jutaan kaum muslimin secara Live, baik di siaran TV-nya maupun di Akun resmi Wesal. Sedangkan RodjaTV tidak menayangkannya, padahal moment ini adalah moment bersejarah bagi ummat islam dan bangsa indonesia. bahkan seorang ustadnya (ustad yang seafiliasi dengan Rodja) mengeluarkan “fatwa” untuk membunuh para demostran. Alasannya, darah para demostran halal untuk di tumpahkan.

=> Wesal TV menayangkan liputan tabligh akbar /safari dakwah  Dr. Zakir Naik di indonesia beberapa waktu lalu, demikian pula UmmatTV. Sedangkan RodjaTV tidak sama sekali. Mata dunia mengakui kredibilitas seorang Dr.Zakir Naik dalam ilmu kristologi & perbandingan agama yang sudah meng-islamkan jutaan orang walillahil hamd.

=> Wesal TV, diantara da’i atau narasumbernya adalah Ustad Dr. Khalid Basalamah,Lc.MA. seorang dai yang berhubungan baik dengan da’i-da’i Wahdah Islamiyyah (WI). bahkan beliau (Ustad Khalid Basalamah) pernah mengajar menjadi dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Islam & Bahasa Arab (STIBA) makassar milik Wahdah Islamiyyah (WI). Sedangkam RodjaTV, salah satu da’i nya bernama Ustad Abdullah Taslim,MA. Ustad Abdullah Taslim,MA justru menyatakan bahwa Wahdah Islamiyyah adalah oraganisasi menyimpang, mentahdzir para da’inya, dan melarang ummat islam menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah-sekolah milik Wahdah Islamiyyah.

Apapun komentar anda, inilah faktanya.
Sebelum dan sesudahnya kami mohon maaf. Selebihnya, silahkan analisa sendiri. kebenaran datangnya dari Allah.

Intinya, ambil ilmu dari media dakwah mana saja selama berada di atas titi ahlus sunnah wal jama’ah. Selain menyimak Wesal TV, UmmatTV, dll....., kami sarankan juga untuk mendengarkan kajian-kajian ilmiah di Radio Fajri FM , AkhyarTV, Syameela, Al-Ghifari Channel, IsykarimaTV,  SahabatYamimaTV, dll.

Wallahu A’lam bis Shawab. (mt/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.