Menhan AS: 2017 Akan Menjadi Tahun Sulit dalam Melawan Taliban

Kelompok Taliban
Headlineislam.com - Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis, tiba-tiba berkunjung ke Afghanistan tanpa pemberitahuan pasca serangan Taliban di Maszhar-i-Sharif pada Jum’at (21/04) lalu.

Ia mengatakan bahwa tahun 2017 akan menjadi tahun yang sulit bagi pasukan keamanan Afghanistan dan koalisi AS dalam melawan kelompok pimpinan Haibatullah Akhunzada tersebut.

“Tantangan yang terkait dengan misi ini bukanlah sebuah khayalan,” kata Mattis dalam sebuah konferensi pers bersama komandan pasukan NATO di Afghanistan, John Nicholson.

“2017 akan menjadi tahun sulit bagi pasukan keamanan Afghanistan yang gagah berani dan pasukan internasional yang telah berdiri dan akan terus berdiri, bahu-membahu dengan pasukan Afghanistan melawan terorisme,” imbuhnya.

Serangan 10 pejuang Taliban di pangkalan militer di kota Mazar-i-Sharif, negara bagian Balh, Afghanistan utara, memakan korban lebih dari 100 tentara. Mattis menuding serangan itu sebagai aksi barbar dari para musuh.

Baru-baru ini komandan NATO meminta tambahan ribuan pasukan untuk ditempatkan di Afghanistan. Namun, hal itu tidak dikabulkan oleh Mattis. Ia mengaku tidak tertarik untuk menerjunkan kekuatan ekstra dalam perang melawan Taliban, yang bersiap untuk bangkit kembali.

Kepala Pentagon yang bertugas di Afghanistan itu pun memberikan penilaian terhadap kebijakan kepala negara baru AS, Donald Trump. “Seperti yang Anda tahu, Presiden Trump meninjau kebijakan kami di Afghanistan saat pemerintahan baru berlangsung di Washington. Hal ini mendikte sebuah dialog yang terus berlanjut dengan pemerintahan Afghanistan. Itulah mengapa saya datang ke sini,” katanya.

Kedatangan Mattis diketahui bertepatan dengan pengunduran diri Menteri Pertahanan Afghanistan, Abdullah Habibi dan panglima militer Qaam Shah Shaheem, sebagai buntut serangan terkoordinasi dari para pejuang tersebut.

“Tidak ada orang di dunia ini yang bisa mencegah serangan semacam itu,” katanya melalui siaran pers. “Ini adalah perang intelijen dan perang melawan terorisme. Sangat sulit,” imbuhnya.

Sumber: World Bulletin (kt/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.