Dokter Ini Ungkap Manfaat Puasa bagi Penderita Penyakit Jantung


Headlineislam.com - Bagi seluruh umat muslim di dunia, rasanya sudah tidak sabar menunggu bulan Ramadan tiba. Tidak sampai satu bulan lagi, seluruh umat muslim akan mulai merasakan bulan penuh berkah ini.

Dr Renan Sukmawan, ST, SpJp(K), PhD, MARS, Cardiologist (ahli jantung) dan staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengungkapkan bahwa ternyata puasa sangat bagus untuk para penderita penyakit jantung.

“Puasa itu justru bagus bagi mereka yang menderita penyakit jantung atau mereka yang menderita kardiovaskular, karena mereka bisa mengatur pola makan yang lebih baik. Mereka juga akan mengurangi asuan junk food atau makanan tidak sehat lainnya yang bisa menyebabkan penyakit jantung kambuh,” katanya, Dr Renan dilansir Kumparan, Rabu (26/4/2017).

Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan para pengidap penyakit jantung sebelum mereka memulai puasa. Memeriksakan kesehatan ke dokter terlebih dahulu menjadi kunci penting untuk kelancaran puasa selama bulan Ramadan.

“Bagi mereka yang mengidap penyakit jantung sebaiknya sebelum puasa dimulai, mereka datang ke dokter untuk dibuatkan pola makan saat puasa. Karena nantinya obat yang akan diberikan pun harus disesuaikan dengan jam makan selama puasa,” ujar Dr Renan.

“Kami sebagai dokter akan memberikan obat jantung yang bisa kita maksimalkan selama puasa, karena yang seharusnya minum obat tiga kali sehari, jadi hanya dua kali sehari,” tambahnya.

Meskipun pengidap penyakit jantung aman untuk berpuasa, namun ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tidak memungkinkan untuk berpuasa. Salah satunya adalah jika penyakit jantung yang diderita terlalu parah.

“Namun, puasa berbahaya bagi mereka yang mengalami penyakit gangguan jantung yang parah. Misalnya, yang hanya bisa berbaring di atas kasur atau yang sudah mengalami gagal jantung, tidak dianjurkan untuk berpuasa,” tuturnya.

Tak hanya baik untuk pengidap penyakit jantung, puasa juga sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita obesitas. Puasa menjadi cara alami untuk menurunkan badan dan menurunkan kadar gula untuk penderita diabetes.

“Puasa juga bagus bagi mereka yang menderita obesitas, karena bisa menurunkan berat badan secara alami. Bagi yang menderita diabetes, mereka juga akan mengurangi asupan gula selama berpuasa sehingga bagus bagi kerehatan tubuh,” tandasnya.

Sumber: Kumparan (ip/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.