SBY Bantah Tekan MUI Keluarkan Pandangan Keagamaan Kasus Ahok


Headlineislam.com - Mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono membantah tudingan menyebut dirinya mempengaruhi pandangan keagamaan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

SBY menggelar konferensi pers menyusul penyataan Ahok saat sidang kasus dugaan penidaan agama pada Selasa (31/01). Saat itu, gubernur non aktif DKI Jakarta tersebut menyinggung latar belakang Ketua MUI KH Ma’ruf Amin yang dulunya termasuk dalam Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di masa pemerintahan SBY.

Senada dengan KH Ma’ruf Amin, ketua umum Partai Demokrat itu membantah adanya pertemuan terkait dengan dikeluarkannya pandangan keagamaan MUI terkait kasus Ahok. “Tidak ada pertemuan saya dengan pak Ma’ruf yang berkaitan dengan tugas MUI,” kata SBY dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Rabu (01/02).

Menurut SBY, saat ini tengah dibangun opini pandangan keagamaan MUI terkait kasus Ahok dipengaruhi oleh pembicaraan antara dia dan KH Ma’ruf Amin. Padahal, menurutnya, untuk mengecek proses penerbitan pandangan keagamanan tersebut sangat mudah.

“MUI itu Majelis Ulama Indonesia, memang segala sesuatunya dimusyawarahkan,” ujar SBY.

“Apakah MUI mengeluarkan pandangan keagamaannya ditekan atau didikte SBY, tanyakan langsung kepada mereka karena mereka adalah majelis,” imbuhnya.

Dalam sidang lanjutan kasus dugaan penodaan agama, Ahok menyebut KH Ma’ruf Amin telah berbohong. Ulama  yang juga Rais Aam PBNU itu dianggap menutupi latar belakangnya sebagai mantan anggota Wantimpres di era SBY. (kt/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.