Innalillah! Pakar Hukum Muslim Myanmar Ditembak Mati Sepulang Kunjungan ke Indonesia


Headlineislam.com - Seorang pakar hukum muslim terkemuka di Myanmar ditembak mati di luar Bandara Internasional Yangon. Dia dibunuh sepulang melakukan kunjungan dari Indonesia.

Seorang pria bersenjata menembak mati Ko Ni, seorang penasihat pemimpin Myamnar Aung San Suu Kyi pada Ahad (29/01). Pengacara muslim berusia 65 tahun di partai pengausa Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) itu ditembak mati dibunuh di kompleks Bandara Yangon.

Penembakan Ko Ni disaksikan langsung oleh seorang temannya, Thet Paing Soe. Sopir taksi yang mencoba menghentikan pelaku penembakan juga menjadi korban tewas dalam peristiwa itu.

“Saat saya menghentikan mobil saya di bandara, di situ aku melihat tubuh Ko Ni terbaring di jalan di luar bandara,” kata Paing Soe.

“Kemudian saat penembak mencoba kabur, polisi menangkapnya,” lanjutnya.

Putri Ko Ni, Yin Nwe Khine, mengungkapkan sesaat sebelum penembakan ayahnya baru saja keluar dari bandara Yangon sekembalinya dari kunjungan kerja ke Jakarta. “Ayah saya sedang berbicara dengan cucunya. Lalu, akau mendengar suara tembakan,” kata Nwe Khine.

“Pada awalnya, saya pikir itu adalah ban mobil pecah, tapi kemudian saya melihat ayah saya tergeletak di tanah,” ujarnya.

Ko Ni merupakan seorang ahli hukum yang kerap mengkritik dominasi militer di Myanmar. Dia merupakan salah satu penasihat pemimpin perempuan Myanmar, Aung San Suu Kyi.

“Ayah saya sering diancam dan kami telah memperingatkan untuk berhati-hati tapi ayah saya tidak mudah untuk menerimanya. Dia selalu melakukan apa yang dia pikir benar,” terang Yin Nwe Khine.

Kementerian Penerangan Myanmar menyebut polisi telah mengamankan pelaku penembakan bermana Kyi Linn, dari Madalay. Belum diketahui motif penembakan tersebut. (kt/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Juga sebagai wadah menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.


EmoticonEmoticon