Banyak Masalah di Masyarakat, Polri: Sebaiknya Diselesaikan dengan Musyawarah Sehingga Menghemat Anggaran


Headlineislam.com - Markas Besar Kepolisian menggelar silaturahmi dengan sejumlah Ormas Islam di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta Selatan, Selasa (31/1).

Dalam sambutannya, Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Baharkam) Polri, Komjen Putut Eko Bayu Seno, mewakili Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), mengatakan bahwa ia tak memungkiri banyaknya masalah ketertiban dan keamanan yang tengah terjadi di masyarakat saat ini.

Ia mengaku, berdasarkan data yang dikumpulkan Polri sepanjang 2016, terdapat 100 ribu masalah yang timbul di masyarakat.

“Para anggota kami di desa dan kelurahan itu dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terkait dengan masalah kecil, kurang lebih 100 ribu masalah,” ujar Putut.

Ia melanjutkan, selama ini masyarakat kerap membuat laporan ke Polisi guna menyelesaikan masalah. Padahal, kata dia, sejumlah masalah sebenarnya bisa diselesaikan secara musyawarah tanpa melapor ke polisi.

“Tidak semua harus dilaporkan ke Kepolisian, nanti Polisi tugasnya semakin berat. Kalau bisa diselesaikan di tingkat bawah dilaksanakan secara bersama, cari win-win solution-nya,” ucap Putut.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengungkapkan, perlu biaya yang tidak sedikit bagi Polisi guna memproses laporan masyarakat. Satu perkara, akunya, minimal memakan biaya Rp 7,6 juta untuk sampai ke tingkat pengadilan.

Untuk itu, ucap Putut, alangkah baiknya bila masalah yang terjadi di tengah masyarakat diselesaikan secara musyawarah sehingga menghemat anggaran.

“Kalau diindekskan, satu masalah kecil itu diproses sampai ke pengadilan, anggaran terkecil Rp 7,6 juta. Dikali saja 100 ribu masalah, sudah berapa? Kalau bisa diselesaikan di tingkat bawah, sudah ada Rp 500 miliar lebih menghemat anggaran untuk itu,” tandas Putut.

Pantauan Kiblat.net, nampak hadir perwakilan dari Ormas Islam Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK), Fatayat NU, BPI, Gerakan Pemuda Islam Indonesia, Hidayatullah, Himpinan Pemuda Islam, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dan MUI Pusat. (kt/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah Portal Media Islam Indonesia yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.


EmoticonEmoticon