Lagi! Polda Sulsel Sita 10 Kg Sabu dalam Kemasan Kopi China


Headlineislam.com - Kapolda Sulawesi Selatan berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu sebesar 10 kilogram di pelabuhan Makassar, Sabtu 31 Desember 2016. Seorang pelaku bernama Ardi B (32 tahun) diamankan oleh tim interdiksi terpadu yang terdiri dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), Polres Pelabuhan Makassar, Syahbandar dan K9 Polda Sulsel.

Ardi kedapatan membawa 9,8 kilogram narkoba jenis sabu setelah turun dari Kapal Bukit Siguntang asal Tarakan Kalimantan, yang baru saja bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sabtu pagi tadi.

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Muktiono, mengatakan, penangkapan bermula saat tim interdiksi terpadu melakukan pemeriksaan rutin terhadap barang bawaan penumpang di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Sekitar pukul 08.00 WITA, Kapal Bukit Siguntang rute Tarakan-Parepare-Makassar, yang ditumpangi pelaku, bersandar di pelabuhan.

Sekitar pukul 08.30 WITA, barang bawaan penumpang diperiksa satu persatu. Anjing pelacak dari K9 Unit Satwa Direktorat Sabhara Polda Sulsel dilibatkan. "Seperti biasa, anjing pelacak sebelum barang bawaan siap untuk dideteksi. Anjing disembunyikan terlebih dahulu agar tidak terlihat oleh penumpang kapal, setelah barang siap anggota memberi kode untuk melacak," kata Muktiono dalam keterangan persnya di Markas Polres Pelabuhan Makassar.

"Setelah anjing pelacak diturunkan, salah seorang penumpang panik dan membawa lari tas bawaannya. Sontak anggota K9 yang melihat berteriak, supaya orang yang lari dikejar, dan berhasil diamankan," tambahnya.

Setelah berhasil diamankan, ransel pelaku diperiksa. Ditemukan narkoba jenis sabu seberat 9,8 kg yang disamarkan dalam kemasan kopi China.

"Ditemukan barang bukti berupa sabu-sabu, sabu di dalam ransel pelaku. Barang buktinya dibungkus dengan kemasan kopi asal China," jelasnya.

Hingga saat ini, pihak Polda Sulsel bersama pihak Polres Pelabuhan Makassar masih terus menyelidiki kasus tersebut untuk menemukan pelaku lainnya. Diduga kuat, ada bandar yang memesan khusus sabu tersebut untuk persiapan perayaan tahun baru malam nanti. (vv/headlineislam.com)


EmoticonEmoticon