Tetap Beri’dad Meski Belum Diserang


Penulis: Asy-Syathiri

Headlineislam.com – Allah telah mengabarkan kepada kita bahwa umat Islam ini akan senantiasa ada yang memusuhinya, mengintainya, meneror, menebar kerusakan pada umat Islam serta membuat umat bercerai berai. Puncaknya hingga mereka mampu mengeluarkan umat Islam dari agamanya, dan hal inilah yang menjadi tujuan utama mereka. Sebagaimana yang ditegaskan dalam Al-Qur’an :

وَلَا يَزَالُونَ يُقَاتِلُونَكُمْ حَتَّىٰ يَرُدُّوكُمْ عَن دِينِكُمْ إِنِ اسْتَطَاعُوا ۚ وَمَن يَرْتَدِدْ مِنكُمْ عَن دِينِهِ فَيَمُتْ وَهُوَ كَافِرٌ فَأُولَٰئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۖ وَأُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka (dapat) mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran), seandainya mereka sanggup. Barangsiapa yang murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (Q.S Al-Baqarah: 217).

Dalam ayat yang lain juga disebutkan :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا بِطَانَةً مِّن دُونِكُمْ لَا يَأْلُونَكُمْ خَبَالًا وَدُّوا مَا عَنِتُّمْ قَدْ بَدَتِ الْبَغْضَاءُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ وَمَا تُخْفِي صُدُورُهُمْ أَكْبَرُ ۚ قَدْ بَيَّنَّا لَكُمُ الْآيَاتِ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْقِلُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang, di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya mencelakakanmu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya.” (Q.S Ali-Imran: 118).

Allah juga telah memberitahu bahwa musuh-musuh Islam sangat membenci kaum muslimin. Mereka tidak akan pernah rela terhadap apa yang dilakukan oleh umat Islam selama mereka masih berpegang teguh terhadap agamanya. Mereka akan terus berusaha sekuat tenaga, menguras hartanya agar bisa menundukkan kaum muslimin di bawah agama mereka. Hal ini telas ditegaskan dalam beberapa ayat Al-Qur’an, di antaranya :

Allah berfirman, “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan pernah ridha kepada kalian sehingga kalian mengikuti agama mereka…” (Q.S Al-Baqarah: 120)

Dalam ayat lain disebutkan, “Sebagian besar ahli kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kalian kepada kekafiran setelah kalian beriman, dikarenakan dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri…” (Q.S Ql-Baqarah: 109)

Dari beberapa nash di atas dapat dicerna bahwa seluruh kaum muslimin yang berpegang teguh pada agamanya sedang terancam. Dari pihak musuh yang senantiasa membuat makar dan tipu daya agar bisa mewujudkan tujuannya, yaitu mengeluarkan umat Islam dari agamanya serta tunduk dibawah kekuasaannya.

Baca kelanjutannya : I’dad Amalan Penggentar Musuh

(kt/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Juga sebagai wadah menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.


EmoticonEmoticon