Terapkan Bebas VISA Berujung pada Banyaknya TKA Ilegal Asal Tiongkak


Headlineislam.com - Kebijakan bebas visa yang diterapkan Pemerintah diduga memicu banyaknya tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja secara ilegal, khususnya TKA asal Cina.

"Artinya, keberadaan TKA ilegal asal Tiongkok itu adalah fakta yang perlu diwaspadai dan ditangani oleh pemerintah," ujar Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay, Selasa (20/12/2016).

Indonesia, kata ia, adalah negara besar dengan wilayahnya yang luas. Adapun jumlah perusahaan di Indonesia bisa lebih dari 200 ribu. Karena itu sulit untuk mengawasi pekerja asing ilegal.

"Perkiraan kami, ada 200 ribu lebih perusahaan di Indonesia, tentu sulit untuk mengawasi TKA yang dipekerjakan di banyak perusahaan itu," kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Menurut dia, dengan diberlakukannya bebas visa masuk untuk lebih dari 160 negara, kesulitan tersebut akan semakin terasa. Lalu lintas keluar masuk orang dari berbagai negara sulit diawasi. Apalagi, kata dia, koordinasi antara pihak imigrasi dan berbagai instansi lainnya diduga masih lemah.

Menurut Saleh, kebijakan bebas visa perlu dievaluasi. Kebijakan tersebut dinilainya jangan dulu diterapkan sampai pemerintah betul-betul siap melakukan pengawasan.

Sebelumnya, Saleh juga menilai Kementerian Ketenagakerjaan tidak serius mengawasi hadirnya TKA. "Kita menyesalkan bahwa Kemenaker tidak sungguh-sungguh dalam mengawasi masuknya TKA ke Indonesia," ujarnya, Senin (19/12)

Saleh mengatakan, pemerintah tidak boleh hanya berapologi seakan-akan kehadiran banyak tenaga kerja asing di Indonesia tidak berbahaya. "‎Kemarin mereka (Kemenaker) sebut tidak betul ada 10 juta TKA ilegal di Indonesia, lalu pertanyaannya berapa jumlahnya. Kalau tidak tahu, berarti Kemenaker dianggap tidak sungguh-sungguh dalam melakukan pengawasan," jelasnya.

Ditambah lagi, Kemenaker juga tidak mengetahui pasti jumlah tenaga kerja asing ilegal yang mencari nafkah di Indonesia.

"Masak jumlah TKA ilegalnya tidak tahu," kata Saleh. (si/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.