Mantap! Indonesia Akan Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Myanmar dan Mengusir Duta Besarnya dari Tanah Air Bila...

Headlineislam.com - Ratusan massa umat Islam dari berbagai organisasi kemanusiaan, pada Jum’at (25/11/16) mendatangi kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Myanmar untuk Indonesia di Menteng, Jakarta Pusat, guna mengajukan protes terkait genosida yang dilakukan militer Myanmar terhadap muslim Rohingya.

Selain mengutuk keras tindakan militer dan pemerintah Myanmar yang terus melakukan pembantaian hingga saat ini, massa mengajukan beberapa tuntutan kepada pemerintah Indonesia, PBB, dan Komite Nobel Internasional.

Kepada pemerintah Indonesia, massa menuntut agar Presiden Joko Widodo secepat mungkin memutuskan hubungan diplomatik dengan Myanmar, dan mengusir duta besarnya dari Tanah Air.

Kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), massa menuntut supaya sanksi internasional dijatuhkan kepada Myanmar. Selain itu, PBB diminta segera memberikan perlindungan serta bantuan untuk Muslim Myanmar.

“Mendesak PBB untuk memberikan sanksi berat terhadap pemerintah Myanmar,” ujar salah satu orator, Chafchay Syaifullah.

Sementara itu, kepada Komite Nobel Internasional, massa menuntut agar mencabut Nobel Perdamaian Dunia Aung San Suu Kyi, orang nomor satu dalam partai penguasa di Myanmar yang mendapatkan nobel penghargaan dunia tersebut.

Selepas mengajukan tuntutan di depan Kedubes Myanmar, massa melanjutkan aksi ke kantor perwakilan PBB Indonesia di Jalan MH. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat. Dengan tujuan yang sama, yaitu menyampaikan tuntutan atas pembantaian Muslim Rohingya oleh pemerintah dan militer Myanmar. {kt/headlineislam.com}

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.