Merasa Terancam, Pentagon Targetkan Komandan Tertinggi Al-Qaidah Afghanistan

Headlineislam.com – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) mengumumkan melancarkan serangan udara Ahad pekan ini menargetkan dua komandan tinggi Al-Qaidah di Afghanistan.

Juru bicara Pentagon Peter Cook, dalam keterangannya Rabu kemarin (26/10), mengatakan bahwa pasukannya saat ini masih menyelidiki hasil serangan pesawat tanpa awak itu.

Menurut Cook, salah satu target serangan itu Faruq Al-Qahthani. Ia diyakini komandan Al-Qaidah di timur laut Afghanistan. Al-Qaidah pusat, imbuhnya, menugaskan Qahthani dan pasukannya membangun wilayah aman di negara tersebut.

“Dia termasuk tokoh senior yang merencanakan serangan terhadap AS. Dia juga memiliki sejarah panjang dalam operasi berdarah menargetkan pasukan AS dan sekutu,” kata Cook.

Target kedua, lanjutnya, Bilal Al-Utaibi. Selain juga ditugaskan untuk membangun wilayah aman, Utaibi diberi tanggung jawab merekrut dan melatih pejuang asing.

Sementara itu, pejabat AS yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa serangan udara itu diluncurkan bersamaan, menargetkan dua kerumunan yang berbeda. Banyak rudal Hellfire digunakan dalam serangan itu.

Pejabat itu menambahkan, negaranya dalam empat tahun terakhir memburu Qahthani. Perburuan ini bahkan melibatkan sejumlah lembaga AS. Qahthani disebut-sebut sebagai komandan tertinggi Al-Qaidah di Afghansitan, sementara Utaibi komandan kedua atau ketiga di struktur komando.

Sejumlah pejabat lainnya melaporkan bahwa Qahthani dan wakilnya berada di desa Haghal, distrik Ghaiz Abad, Provinsi Kunar. Posisi Qahthani dan Utaibi berjaran beberapa ratus meter namun drone AS menargetkan kedua komandan Al-Qaidah di waktu bersamaan.

Juru bicara pemerintahan Kunar, Abdul Ghani Musammam, setidaknya 15 “gerilyawan” terbunuh, dua di antaranya berkebangsaan Arab, dalam serangan itu. Termasuk dari korban tewas sejumlah pejuang Taliban.

Para pejabat AS menganggap serangan udara ini merupakan serangan paling besar menargetkan para pemimpin Al-Qaidah di Afghanistan. Ini merupakan serangan udara kali ke 700 sejak awal tahun ini. [kt/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.