Tahukah? Memaafkan Membuat Tubuh Anda Jadi Sehat


Headlineislam.com – Maaf adalah kata mudah namun sulit untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Saat hati kita disakiti atau ada orang yang membuat diri kita merasa tidak nyaman, sedih atau marah, kata maaf ini sangat sulit untuk diberikan.

Tapi tahukah Anda, jika memaafkan seseorang yang melakukan kesalahan terhadap kita dapat menghindarkan tubuh kita dari berbagai penyakit tubuh? Begini penjelasannya:

1.    Mengurangi stres

Ketika menyimpan amarah dan rasa dendam akan membuat tegangan pada otot-otot tubuh, peningkatan tekanan darah dan lebih berkeringat akibat peningkatan metabolisme tubuh.

2.    Jantung lebih sehat

Penelitian menunjukkan ketika seseorang memaafkan sebuah pengkhianatan akan membuat tekanan darah, denyut jantung dan kerja jantung menjadi lebih baik sehingga jantung akan lebih sehat.

3.    Tercipta relasi hubungan yang lebih kokoh

Seorang wanita yang pemaaf terhadap pasangannya akan lebih baik bersikap terhadap pasangannya sehingga mudah menyelesaikan konflik dengan efektif.

4. Mengurangi rasa nyeri atau sakit

Penelitian pada penderita nyeri pinggang menunjukkan ketika penderita diajak untuk meditasi berfokus pada pengampunan membiarkan rasa marahnya menguap pergi menghasilkan lebih berkurang rasa sakit dan ketakutannya dibanding kelompok penderita yang hanya menerima pengobatan rutin. Efek selanjutnya akan membuat kita lebih jarang membutuhkan obat.

5. Lebih bahagia

Berdamai pada diri dengan memberi maaf dan pengampunan terhadap orang lain akan memberikan kebahagiaan terhadap diri sendiri. Penelitian menunjukkan ketika seseorang membicarakan tentang pengampunan selama sesi psikoterapi ternyata lebih cepat pulih daripada yang tidak. [ip/headlineislam.com]

Sumber: Inspiradata.

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.