Jenderal Pemberontak Syiah Houthi Tewas di Tangan Pasukan Koalisi

Illustrasi: Pemberontak Syiah Houthi
Headlineislam.com – Jenderal pasukan khusus pemberontak Houthi Yaman tewas dalam bentrokan dengan pasukan Koalisi Teluk yang dipimpin Arab Saudi di perbatasan Saudi dan Yaman. Hal itu diungkap sumber di Koalisi Saudi pada Sabtu (24/09) pekan lalu. .

Sumber yang dikutip Reuters, Ahad (25/9/2016) mengatakan, Mayor Jenderal Hassan Almalsi, Kepala Pasukan Khusus Houthi, tewas pada Kamis ketika mencoba untuk menyusupkan skuad milisi Syiah Houthi ke wilayah selatan Najran, Arab Saudi.

Pasukan Koalisi Saudi telah memerangi pemberontak Syiah Houthi Yaman sejak Maret 2015 setelah kubu oposisi Yaman itu merebut Ibu Kota Sanaa. Aksi pemberontak Houthi itu membuat presiden sah Yaman, Abd Rabbo Mansour Hadi melarikan diri ke Saudi untuk meminta perlindungan.

Perang di Yaman telah menewaskan lebih dari 10 ribu orang. Pembicaraan damai yang disponsori PBB pada bulan lalu masih gagal mendamaikan pihak yang berseteru di Yaman.

Konflik di Yaman bukan hanya melibatkan pemberontak Houthi dan pasukan Presiden Hadi. Namun, telah meluas menjadi perseteruan regional antara Saudi dan Iran.

Riyadh menilai Teheran sebagai ancaman penting bagi stabilitas di Timur Tengah dan sekitarnya karena memberi dukungan kepada milisi Houthi. Namun, Iran yang menilai Houthi sebagai otoritas sah Yaman, membantah tuduhan Saudi.

Houthi dalam beberapa pekan ini juga kerap menembakkan rudal ke wilayah perbatasan Saudi, namun berhasil dicegat. [si/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.