Arab Saudi Dukung Langkah Militer Turki di Suriah


Headlineislam.comPemerintah Arab Saudi dan Turki dilaporkan memiliki sikap yang sama dalam menyikapi permasalahan di Suriah.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir menyatakan bahwa pihaknya bersama Turki ingin meruntuhkan kekuasaan rezim Assad dan mengalahkan ISIS di Suriah.

“Turki dan sikap Arab Saudi sepenuhnya selalu bertepatan satu sama lain mengenai Suriah, Iraq dan Yaman, termasuk terorisme,” katanya dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, Jum’at (09/09).

Dalam hal ini, al-Jubeir juga membeberkan bahwa pejuang oposisi Suriah telah membuat rencana “rinci” dan “lengkap”.

Sementara itu Cavusoglu mengatakan bahwa Ankara saat ini sedang mempersiapkan operasi militer terbesar dalam sejarah guna menggempur milisi Kurdi di wilayah selatan.

Di sisi lain, ia juga menganggap pentingnya operasi darat di kota Raqqa, Suriah dan Mosul untuk mengalahkan pasukan ISIS.

“Jika kita ingin membersihkan Suriah dan Iraq dari ISIS, maka sangat penting bagi kita untuk melancarkan operasi di Mosul dan Raqqa,” ungkapnya sembari mengatakan bahwa upaya penghentian kemajuan ISIS hanya bisa dilakukan dengan operasi darat. [kt/headlineislam.com]

Sumber: Middle East Monitor

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.