Ustadz Farid Okbah: "Toleransi Itu Terkait Hubungan Sesama Manusia Bukan dalam Agama"



Headlineislam.com – Toleransi itu terkait hubungan sesama manusia bukan dalam urusan agama, menurut pemerhati dunia Islam Ustadz Farid Ahmad Okbah definisi toleransi musti dikaji kembali.

“Toleransi dalam Islam itu sebatas hubungan antar sesama manusia tidak terkait dengan agama. Kalau agama lakum dinukum waliyadin,” katanya kepada Jurnalislam di Masjid At Taubah, disela-sela acara kajian Ilmiyah, “Komitmen Iqomatudin”, Serang, Sabtu (6/8/2016).

Pengasuh ponpes Al Islam Bekasi itu mengatakan, agar tercipta sebuah toleransi, seharusnya tidak saling mengganggu keyakinan yang lain dan hubungan antar agama harus baik.

Namun sangat disayangkan, lanjut dia ketika umat Islam dengan ajarannya tidak pernah menyakiti orang lain, dimanfaatkan agama lain untuk menjadi objek empuk untuk diprovokasi dan disakiti.

“Kejadian di Tanjungbalai kemarin karena umat Islam selalu menjadi objek yang disakiti, terlebih ketika berbicara urusan masyarakat memang sulit dikendalikan,” ujar pakar Syiah itu.

Ulama yang cukup disegani di luar negri ini tetap menyesalkan peristiwa di Tanjungbalai terjadi.

“Tapi saya melihat kejadian itu menggambarkan rapuhnya struktur masyarakat kita. Mulai dari gap antara si kaya dan si miskin, banyaknya ketidak adilan disusul dengan kedzoliman dan terkebirinya mayoritas oleh minoritas,” tegasnya.

Seperti efek domino, peristiwa Tanjung balai makin menyeruak. Banyak yang membicarakan wacana pelarangan adzan di sosmed. Hal ini dikomentari oleh Ustadz Farid, menurutnya itu sangat berlebihan.

“Apakah karena satu orang seluruh umat Islam harus nurut sama dia? Kapan adanya dia dan kapan adanya umat Islam,” ujarnya.

“Minoritas harus tau diri, ini negara mayoritas Islam bukan malah ngatur – ngatur begitu,” sambungnya.

Menurutnya, perintah adzan itu sangat mulia, membuat orang shalat di Masjid dan membuat orang tahu akan waktu shalat.

“Ini murni kebencian dan kedengkian mereka terhadap kita (Islam), kita tidak inginkan minoritas yang tidak tahu diri. Sebenarnya yang tidak toleran itu mereka,” pungkasnya. [Fajar/Jurnis]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.