Setelah Disiksa, Iran Eksekusi Hampir 20 Tahanan Sunni



Headlineislam.com – Iran telah mengeksekusi 20 tahanan yang sebagian besar Sunni, menarik kecaman dari kelompok hak asasi yang mengatakan keyakinan mereka bahwa eksekusi tersebut kemungkinan didasarkan pada pengakuan paksa dengan siksaan, Aljazeera melaporkan, Kamis (04/08/2016).

2o tahanan yang digantung pada hari Selasa tersebut, dituduh melakukan serangkaian serangan terhadap warga sipil dan pemimpin agama di wilayah Kurdi barat Iran, media pemerintah Iran melaporkan pada hari Kamis.

“Orang-orang ini telah melakukan pembunuhan … membunuh wanita dan anak-anak, melakukan perusakan dan bertindak melawan keamanan dan membunuh pemimpin agama di beberapa daerah Kurdi,” televisi IRIB mengutip Jaksa Agung Mohammad Javad Montazeri mengatakan.

Dia mengatakan semua eksekusi – yang dilakukan dengan hukuman gantung – berlangsung setelah pengadilan yang panjang.

Kampanye Internasional untuk Hak Asasi Manusia di Iran, sebuah organisasi independen yang berbasis di New York, mengatakan Mahkamah Agung negara itu telah menolak banding terhadap hukuman mati dari salah satu narapidana, Shahram Ahmadi, yang menyatakan bahwa pengakuannya dibuat di bawah penyiksaan.

Human Rights Watch (HRW) mengecam Iran atas “eksekusi massal sedikitnya 10 tahanan.”

Kelompok-kelompok HAM telah mengkritisi penggunaan hukuman mati oleh Iran, dan menurut Amnesty Interntional, Iran mengeksekusi sedikitnya 977 orang tahun 2015.


Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.