Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet

Illustrasi kamar mandi yang bersih
Headlineislam.com – Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena kesehatan lebih mahal daripada uang jadikita harus pintar untuk menjaga kesehatan. Dan tlah dikutip dari sebuah hadis:

“Sesungguhnya Allah swt. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu.” (H.R. at –Tirmizi: 2723)

Toilet dan kamar mandi merupakan sarana dan prasarana yang wajib keberadaannya dalam rumah begitupun juga di ruang publik. Meskipun keberadaanya terpencil di “belakang”, dan sering diabaikan,

Toilet dan kamar mandi mempunyai peranan penting dalam penciptaan citra. Sehingga ada sebuah ungkapan yang mengatakan “jika anda ingin melihat kebersihan suatu tempat, lihatlah Toilet dan kamar mandinya”.

Bahkan, bagi sebagian orang, toilet bukan saja hanya sebagai tempat buang hajat namun tempat berimajinasi untuk memunculkan ide-ide kreatif. Maka toilet haruslah bersih dan nyaman. Terutama pada toilet-toilet umum yang harus memenuhi standarisasi yang telah dibuat oleh Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia.

Standarisasi yang telah dibuat oleh pemerintah ini diharapkan mampu mengatur penyediaan Toilet dan kamar mandi umum yang bersih dan sehat. Kadang-kadang orang sering merasa tidak sadar jika Toilet dan kamar mandi yang berfungsi untuk membersihkan badan, justru tidak bersih tempatnya.

Hal tersebut dapat dilihat dari adanya Toilet dan kamar mandi yang sering ditemui dalam keadaan kotor, bau, gelap, dan pengap. Lebih menyedihkan, kamar mandi dan toilet dalam keadaan seperti itu banyak dijumpai pada Toilet dan kamar mandi umum terutama di terminal, pasar, pom bensin, pabrik dan lain sebagainya.

Tahukah anda bahwa air di dalam toilet dan kamar mandi yang kotor dapat menimbulkan penyakit E-coli. Bakteri itu masuk ke dalam pembuluh, kemudian menjadi penyakit berat yang bisa menyebabkan infeksi secara menyeluruh ke seluruh tubuh.

Toilet juga dapat menularkan jamur, toilet duduk lebih rentan menyebarkannya dibanding toilet jongkok karena langsung bersentuhan dengan bokong. Ada dua jenis penyakit jamur yang bisa timbul, yaitu tinea kruris dan kandidias.

Tinea kruris ditandai dengan bintil-bintil berwarna agak kemerahan. Pada kasus yang sudah lama, maka akan disertai dengan warna kehitaman pada daerah tertentu.

Sedangkan, kandidias ditandai dengan bercak berwarna merah terang dan sekitar daerah kemerahan tersebut tampak bintik-bintik kecil yang tersebar di sekitarnya. Maka dari itu toilet dan kamar mandi haruslah terawat dan terjaga.

Penjagaan kebersihan kamar mandi dan toilet bukanlah hal yang mudah. Keberadaan air yang terus menerus acap kali meninggalkan kerak, bahkan penumpukan kerak dapat menyebabkannya susah dihilangkan. Kehadiran cairan pembersih keramik dan porselen yang beredar di pasaran kadang tidak dapat memberikan solusi pada masalah ini.

Selain kerak tidak hilang, kita juga harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyikatnya. Hal termudah untuk menjaganya adalah dengan membersihkannya secara rutin dan memilih perbersih atau cairan kimia yang ampuh.

Nah begitulah beberapa info yang bias disampaikan, semoga dengan apa yang ada dalam artikel ini dapat membantu Anda agar bisa lebih aktif lagi dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. [aldi/bersihkamarmandi/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.