Diam-diam WhatsApp Membagikan Info Pribadi Anda ke Facebook, Begini Cara Menghentikannya



Headlineislam.com – WhatsApp telah memperbarui persyaratan penggunaan serta kebijakan privasi, pertama kalinya dalam empat tahun sejak diakuisisi oleh Facebook. Salah satu poin dari pembaruan ini adalah WhatsApp berbagi informasi pribadi Anda dengan Facebook. Tujuannya antara lain untuk menyediakan iklan bertarget yang lebih baik.

Persyaratan seperti itu bertentangan kebijakan WhatsApp sebelumnya untuk tidak pernah berbagi informasi Anda dengan perusahaan induknya.

Untungnya, WhatsApp menyerahkan kontrol pada Anda. Anda dapat memilih untuk berbagi atau tidak informasi Anda dengan sangat mudah. Berikut caranya:

1. Buka WhatsApp pada ponsel Anda.

2. Pada Android, tekan tombol tindakan di sudut kanan atas dan pilih Settings. Pada iOS, ketuk tab Settings di pojok kanan bawah.

3. Pilih Account.

4. Tekan tanda centang di sebelah kanan Share Info Account Saya. Ini akan muncul setelah Anda menyetujui kebijakan baru WhatsApp.

5. Untuk menonaktifkan fitur tersebut, tekan Jangan Bagi.

Selanjutnya akan muncul Pop-up yang berbunyi, “Jika Anda menekan ‘Jangan Bagi’, Anda tidak akan dapat mengubah ini di masa depan.” Setelah Anda mengikuti langkah ini, pilihan tidak akan lagi terlihat dari bagian Account Settings dan tidak ada cara untuk melakukan ulang.

Informasi apa yang dibagi dengan Facebook?

Halaman FAQ WhatsApp yang telah diperbarui mengatakan bahwa nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar WhatsApp akan dibagikan, serta terakhir kali Anda menggunakan layanan.

Berkat end-to-end enkripsi, Facebook tidak akan dapat melihat pesan, foto atau media lain yang Anda bagikan. Hanya Anda dan orang yang Anda mengirim pesan yang dapat melihat informasi tersebut. Dan informasi yang dibagi oleh WhatsApp tidak akan dilihat oleh siapa pun dengan menggunakan Facebook. Artinya, jika WhatsApp berbagi nomor telepon Anda dengan Facebook, hal itu tidak akan mengisi bidang nomor telepon pada profil Anda dan membuatnya terlihat kepada siapa pun.

Mengapa informasi Anda dibagi bersama?

Meskipun nomor telepon Anda tidak muncul di profil Facebook, namun informasi Anda akan dibagikan bila Anda menyetujui. Sebab FAQ Halaman mengatakan bahwa berbagi informasi Anda dengan Facebook akan membantu kedua perusahaan untuk “berkoordinasi lebih.” Klaimnya bahwa hal itu akan membantu mereka “memerangi spam dan penyalahgunaan” supaya lebih efisien, serta – dan ini mungkin yang lebih besar dan alasan yang lebih layak – “meningkatkan pengalaman Anda dalam layanan [Facebook] ” melalui iklan yang ditargetkan.

Mereka mengatakan, memiliki nomor Anda akan membantu mereka memberikan saran produk dari perusahaan yang lebih Anda minati. Cara memberikan saran melalui nomor telepon Anda mungkin tidak jelas. [kt/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.