Cegah Kemenangan Hamas, Benjamin Netanyahu Undang Mahmoud Abbas Untuk Bertemu


Headlineislam.com – Perdana Menteri Zionis Israel, Benjamin Netanyahu, mengundang Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas untuk mengadakan pertemuan langsung, salah satunya untuk membahas proses perundingan damai yang terhenti sejak tahun 2014.

Ajakan ini diumumkan kantor kabinet Perdana Menteri Zionis Israel pada hari Minggu (21/08) sore, sebelum beberapa jam serangan 30 bom ke wilayah Jalur Gaza pada tengah malam, seperti dilansir Sputnik.

“Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengundang Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk mengadakan pertemuan langsung tanpa prasyarat, membahas perundingan yang telah terhenti sejak awal tahun 2014,” ujar kantor kabinet Perdana Menteri Zionis Israel.

Dalam undangannya, penjajah Zionis Israel meminta tidak adanya pertemuan pendahuluan untuk membahasa kelanjutan perundingan damai, termasuk pengajuan prasyarat pertemuan yang diminta pihak Palestina.

Dalam konteks terkait, sejumlah pengamat politik Palestina menduga undangan pertemuan langsung Palestina-penjajah Zionis Israel bertujuan untuk menggagalkan proses pemilu lokal Palestina yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang.

Para pengamat menyebut kehadiran dan kemenangan Hamas dalam pemilu lokal dinilai sangat membahayakan bagi keberadaan penjajah Zionis Israel, khususnya di kawasan Tepi Barat dan Al Quds, dan pejuangan kemerdekaan Palestina dalam konteks yang lebih besar.

Perlu diketahui bahwa Tel Aviv dengan sikap terbuka menyatakan akan ikut campur dalam pemilu lokal Palestina, khususnya untuk memenangkan Otoritas Fatah yang dinilai sebagai satu-satunya mitra strategis bagi penjajah Zionis Israel. [era/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.