Tips Sehat Waktu Buka dan Sahur


Headlineislam.comBulan penuh berkah , rahmat dan maghfiroh ini sayang sekali bila terlewatkan begitu saja tanpa dilalui dengan ibadah yang maksimal. Apalagi bila kita tidak bisa menjalankan ibadah puasa atau ibadah lainnya karena kita sedang sakit.

Konsumsi makanan dan minuman saat berbuka dan sahur dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Makanan dan minuman yang baik , halal dan menyehatkan tentu saja berdampak baik untuk tubuh kita. Begitu pula sebaliknya. Puasa diyakini dapat memperbaiki kesehatan kita, namun apabila buka dan sahur tidak terkontrol bukan lagi kesehatan yang kita dapat, yang ada penyakit yang akan menghampiri.

Sedikit tips buat Anda, semoga bermanfaat:

A. Menu makan Untuk Bersahur

1.   Saat sahur utamakan asupan air / minuman yang cukup terutama air putih agar saat siang hari tubuh tidak kekurangan cairan.

2.   Jangan minum kopi, teh, karena mengandung zat diuretic (zat yang membuat kencing terus) yang malah menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Hal yang selama ini dianggap salah, minum kopi bertujuan untuk menyegarkan badan, memang benar, namun itu paling lama bertahan 1-2 jam saja, setelah itu yang terjadi justru perut/lambung terasa pedih, karena asam lambung yang berlebihan.

3.   Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi, agar terhindar dari konstipasi atau semeblit selama berpuasa.

4.   Selama berpuasa, baik sahur dan berbuka hindari makanan yang mengandung lemak dan rasa pedas. Selain bisa meningkatkan kolesterol darah, makanan lemak dan pedas bisa mengganggu pencernaan.

5.   Minumlah air putih yang banyak, antara waktu berbuka sampai menjelang tidur serta selama sahur. Selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

6.   Usahakan jangan tidur setelah sholat subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur terbuang sia-sia, mengapa demikian? Pada saat proses makanan diolah menjadi energi waktu yang digunakan selama proses berlangsung digunakan untuk tidur, dan energi yang sudah jadi terbuang percuma, karena tidak digunakan untuk beraktivitas.

7.   Menu utama seperti nasi merah, ubi, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih “tahan lama” dalam membuat gula darah lebih stabil.

8.   Selalu masukkan kurma menjadi makanan daftar utama Anda.

B.  Saat berbuka puasa

1.   Untuk minuman, minumlah minuman yang manis dan hangat misalnya teh hangat ataupun sirup hangat, Jangan dicampur es, yang membuat organ pencernaan Anda menjadi kaget.

2.   Memakan beberapa biji kurma juga baik saat berbuka, dan ini sesuai sunnah Rasulullah SAW.

3.   Saat berbuka, jangan dulu “makan besar” dan berat, karena jika Anda makan besar, kerja lambung menjadi berat, selain itu, Anda juga akan lebih cepat mengantuk. Padahal ada kegiatan lain yang harus dikerjakan, seperti Tarawih dan tadarus AlQuran.

4.   Selain sayuran dan daging segar, makanan yang baik dikonsumsi dalam buka puasa yakni makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami dan hindari makanan atau jajanan yang mengandung bahan pengawet, karena selama berlangsungnya bulan puasa banyak sekali penjual makanan dan jajanan.

5.   Hindari makanan / jajanan yang digoreng saat berbuka puasa, lemak dalam makanan yang digoreng, mengikat oksigen, sehngga asupan oksigen ke otak menjadi berkurang, efeknya Anda lebih mudah mengantuk.

6.   Setelah berbuka, perbanyak pula minum air putih untuk menggantikan cairan yang habis digunakan di siang hari.

Demikian beberapa tips saat menjalankan ibadah puasa. Intinya kita jangan terburu nafsu ingin memakan semua yang lezat-lezat dan enak-enak tanpa memperhatikan mana yang baik dan tidak untuk tubuh. Puasa seharusnya bisa melatih diri mengontrol hawa nafsu? Puasa menahan dari makan dan minum, bukan Cuma memindahkan jam makan. Puasa mendidik kita sederhana bukan puasa mendidik menjadi lebih rakus.[zdn/dbs/panjimas]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.