Rusia dan Amerika Sepakat Operasi Militer di Suriah


Headlineislam.com – Rusia mengumumkan pada hari Minggu (19/6)  bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat untuk bekerja sama dan berkoordinasi dalam operasi militer di Suriah.

Sebuah pernyataan militer Rusia pada hari Minggu mengatakan para pejabat militer dari kedua belah pihak mencapai kesepakatan dalam suatu konferensi video (jarak jauh).

Pentagon mengatakan pada Sabtu bahwa mereka telah mempertanyakan Moskow setelah Rusia melakukan serangan udara terhadap pasukan oposisi Suriah yang didukung AS pekan lalu. Amerika menuduh Moskow gagal untuk mengindahkan peringatan AS.

Pentagon memperingatkan bahwa serangan tersebut mengancam keselamatan pasukan AS dan koalisi yang beroperasi di Suriah.

Namun, Kementerian Pertahanan Rusia Juru bicara Igor Konashenkov menolak tuduhan, mengatakan serangan Rusia mencapai sekitar 300 km jauhnya dari wilayah di mana pasukan oposisi dukungan Amerika Serikat  beroperasi. Ia mengatakan Rusia telah memberitahu koalisi pimpinan AS tentang rencana menyerang target itu.

"Kementerian pertahanan Rusia selama beberapa bulan terakhir telah mengusulkan kepada rekan-rekan Amerika untuk menggambar peta terpadu, yang akan berisi informasi tentang lokasi pasukan yang aktif di Suriah. Namun, tidak ada kemajuan materi yang telah dibuat tentang masalah ini, "kata juru bicara itu. [SI-Online]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.