Pengusung Pluralisme yang Telah Diharamkan Oleh MUI Akan Mendapat Gelar Pahlawan! Setuju?...

Gusdur dinobatkan sebagai bapak pluralisme Indonesia oleh SBY
Headlineislam.comWacana pemberian gelar pahlawan bagi sejumlah tokoh kini mencuat kembali.

Misalnya saja, Ketua MMD Institute Mohammad Mahfud MD mengharapkan agar pemerintah memberikan gelar pahlawan bagi presiden ke 4 RI Abdurachman Wahid alias Gusdur.

"Kita akan usahakan agar Gusdur dapat gelar pahlawan tentunya dengan berbagai pertimbangan dan objektivitas. Itu yang kita bicarakan (diskusi bersama Luhut Binsar Panjaitan, Khofifah Indar Parawansa sebelum jumpa pers-red)," ungkap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini saat menggelar jumpa pers di MMD Institute yang dihadiri Luhur Binsar Pandjaitan, Khofifah Indar Parawansa, Jaya Suprana, Romo Beny Soesetyo dan Yeny Wachid di Jakarta, Rabu (22/06/2016).

Menanggapi usulan Mahfud MD tersebut, Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan berjanji akan menindaklanjuti usulan tersebut.

Bahkan, diakuinya, wacana pemberian gelar pahlawan bagi Gusdur sudah banyak diusulkan berbagai pihak.

"Banyak pihak meminta presiden Gusdur dapat gelar pahlawan," ungkap Luhut.

Menurutnya, pemberian gelar pahlawan bagi Gusdur tidak ada masalah jika dilihat dari sisi aturan.

"Dari sisi konstitusi gak ada masalah dan terkait pelanggaran korupsi yang dituduhkan saat itu, Gusdur gak masalah karena pengadilan sudah membuktikan itu. Saya kira Gusdur layak dapat gelar pahlawan karena Banyak hal yang telah diperbuat Gusdur diantaranya pluralisme. Untuk itu kita mendorong agar pemerintah menjadikan Gusdur jadi pahlawan," ujar dia.

Saat ditanya kapan target pemerintah memberikan gelar pahlawan bagi sejumlah tokoh termasuk Gusdur, Luhut mengatakan secepatnya.

"Target waktunya kita berharap tahun ini ada pemberian gelar pahlwan. Kita lihat sekarang diantaranya Soeharto, Gusdur yang masuk usulan agar dapat gelar pahlawan. Kalau catatan saya untuk Gusdur beliau pantas dapat gelar tersebut karena beliau merakyat dan itu harus jadi teladan kita semua," ungkap dia. [icl/teropongsenayan]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.