Mau Rambut Berjilbab Tetap Sehat, Ini Dia Tipsnya


Headlineislam.com – Berjilbab merupakan perintah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap wanita Muslim. Bagi wanita yang berjilbab juga harus memperhatikan perawatan rambut agar tetap sehat. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan yang benar dan tepat untuk menjaga kesehatan rambut. Nah, mari kita simak tips-tips berikut ini:

1.   Pilihlah jenis dan bahan jilbab yang bisa menyerap keringat

Untuk merawat rambut Anda yang selalu tertutup agar tetap sehat, gunakanlah jilbab yang terbuat dari bahan yang mampu menyerap keringat. Namun, harus tetap memilih jilbab-jilbab yang sesuai dengan perintah Allah SWT. Berjilbab merupakan salah satu perintah syar’i dalam Islam agar para wanita menutup auratnya dari orang yang bukan muhrimnya. Kebanyakan masalah yang dialami oleh para wanita berjilbab adalah rambut yang lepek.

Ini dikarenakan keringat yang ada di kepala tidak dapat hilang dengan cepat sehingga membuat rambut menjadi basah dan lepek. Jika di biarkan rambut lepek ini akan menimbulkan beberapa masalah lain seperti rambut bau apek, lembab, mudah rontok dan juga berketombe. Oleh karena itu anda harus memilih jilbab yang berbahan mudah menyerap keringat. Sehingga keringat yang ada di kepala akan terserap oleh jilbab dan rambut anda tidak akan lepek.

2.   Jangan menggunakan jilbab dalam kondisi rambut basah

Jangan pernah membiasakan menggunakan jilbab dalam kondisi rambut masih basah. Karena akan menimbulkan beberapa masalah. Ketika Anda menggunakan jilbab dalam kondisi rambut masih basah, akan membuat rambut anda rusak. Ketombe, bau apek dan gatal-gatal akan semakin parah jika Anda menggunakan jilbab dalam keadaan basah.
Ini dikarenakan rambut yang masih basah dan ditutup akan membuat rambut dalam kondisi sangat lepek dan membuat rambut Anda rusak. Oleh karena itu perawatan rambut untuk wanita berjilbab yang tepat adalah keringkan rambut terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan jilbab. Jika Anda tergesa-gesa, Anda dapat menggunakan alat pengering rambut agar rambut Anda kering.

3.   Janganlah mengikat rambut terlalu kencang

Ketika Anda menggunakan jilbab jangan pernah mengikat rambut Anda terlalu kencang dan terlalu kuat. Ketika rambut Anda ikat kuat saat berjilbab akan membuat rambut rapuh sehingga mudah bercabang dan mudah patah. Rambut yang diikat terlalu kuat juga membuat rambut tidak bernafas sehingga rambut akan kering.

4.   Gunakanlah jilbab warna soft

Perawatan rambut untuk wanita berjilbab berikutnya adalah gunakan jilbab yang berwarna soft. Warna-warna soft ini akan membuat rambut dan kulit Anda terasa segar dan sejuk. Sehingga rambut Anda tidak merasa kepanasan dan tidak menjadi kering.

5.   Menjaga kebersihan rambut

Jagalah kebersihan dan kesehatan rambut Anda. Caranya yakni dengan melakukan keramas secara teratur. Pilihlah sampo yang mengandung vitamin dan masker rambut. Agar rambut Anda sehat dan juga bersih lakukan keramas 2 hari sekali. Itulah beberapa perawatan rambut untuk wanita berjilbab agar rambut yang di miliki tetap sehat dan indah.

Selain itu dengan melakukan perawatan rambut yang benar akan mencegah masalah-masalah rambut menghampiri rambut Anda. Dan Anda akan merasa nyaman saat menggunakan jilbab tanpa ada rasa gatal dan bau apek yang di akibatkan karena rambut Anda kurang sehat dan lembab.

Sumber: Perawatankulitmu.com

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.