Luhut Persilahkan Asing Awasi HAM Papua



Headlineislam.com – Menkopohukam Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan pihak asing seperti Papua Nugini, Fiji, Solomon dan Selandia Baru melalui para duta besarnya, memantau penanganan kasus hak asasi manusia (HAM) di Papua.

Luhut menginginkan para duta besar itu melihat proses penanganan kasus sejak awal. Ia berkomitmen seluruh tahapan dan investigasi yang dilakukan berlangsung secara transparan.

Luhut juga menyebutkan bila tim penanganan HAM Papua telah terbentuk. Tim tersebut diisi oleh orang-orang yang kredibel dari perwakilan Komnas HAM pusat dan Papua, Kejaksaan dan pengamat.

"Delapan di antaranya pengamat dari Papua. Ini ada permintaan lagi satu pengamat dari Papua Barat. Saya minta pak gubernur merekomendasikan siapa yang akan masuk dalam tim," kata Luhut dalam kunjungannya ke Manokwari, Papua, Sabtu (18/06/2016), seperti dikutip Bisnis.com.

Luhut mengutarakan ada sebagian orang meminta agar upaya penuntasan HAM di Papua dilakukan oleh tim independen dari luar negeri. Baginya, hal itu tidak perlu sebab Indonesia negara berdaulat.

Indonesia, ujarnya, sudah tahu cara menyelesaikan persoalan sendiri dengan cara-cara bijak. Tidak perlu orang dan negara lain mendikte.

"Australia punya kasus HAM terhadap suku Aborigin. Bagaimana mereka menyelesaikannya. Jadi orang lain jangan ngajarin kita menyelesaikan masalah," katanya. (SI-Online)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.