Koalisi Teluk Hentikan Rudal Syiah Houthi


Headlineislam.comRudal balistik yang ditargetkan ke arah Kota Marib Yaman dikabarkan telah berhasil dihentikan pada Selasa (21/6/2016). Rudal ini berhasil dihentikan koalisi militer Teluk yang terus memerangi kelompok pemberontak Syiah Houthi di negara Timur Tengah yang miskin tersebut, Alarabiya melaporkan.

Rudal yang diluncurkan kelompok Houthi itu berhasil “dilumpuhkan tanpa kerusakan,” setelah berhasil dicegat sekira pukul 0:15 waktu setempat. “Angkatan udara Koalisi segera merespon peluncuran rudal itu dengan menghancurkan landasan rudalnya,” pungkas pejabat Koalisi.

Kota Marib berada dalam kekuasaan pasukan yang setia kepada pemerintah Yaman. Kota ini terletak sebelah timur ibukota Sanaa, yang masih berada dalam kekuasaan pemberontak Syiah Houthi.

Kelompok milisi Syiah Houthi menyerbu Sana’a pada akhir 2014 sebelum menjajah wilayah Yaman lainnya. Tindakan Syiah Houthi ini mendorong koalis Teluk yang dipimpin Arab Saudi untuk campur tangan pada Maret 2015.

Peluncuran rudal ini adalah yang ketiga kalinya sejak perundingan perdamaian yang ditengahi PBB digelar di Kuwait pada April 2016. Perundingan ini antara Houthi dan pemerintah Presiden Abedrabbo Mansour Hadi.

Houthi yang didukung Iran bersekutu dengan pasukan elit yang setia kepada mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh. Arab Saudi telah mengerahkan rudal Patriot untuk melawan rudal balistik taktis yang sesekali diluncurkan Houthi selama perang.

PBB mengatakan lebih dari 6400 warga sipil Yaman telah meninggal dunia sejak Maret tahun lalu. Pertempuran ini telah mendorong 2,8 juta warga menjadi pengungsi. [sm/islampos]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.