Inilah Yang Terjadi Pada Diri Anda Bila Meniup Makanan


Headlineislam.com – Makan, tentu itu yang kita butuhkan bukan? Ya, sebagai manusia, kita termasuk golongan orang yang paling rakus. Mengapa? Sebab, satu-satunya makhluk yang hampir memakan makanan semua ciptaan Allah yang ada di bumi ialah manusia. Mulai dari segala jenis tumbuhan hingga binatang, semuanya bisa diolah menjadi makanan yang kaya akan cita rasa.

Oleh sebab itu, patut bagi kita untuk bersyukur kepada Allah SWT. Sungguh, kita termasuk orang yang sombong, apabila kita tak mau berterima kasih kepada-Nya. Kita tak punya rasa malu, segala sesuatu diberi oleh Allah, tetapi kita tak mau mengikuti peritah-Nya. Lalu, seperti apa bentuk dari rasa syukur itu?

Cara yang dapat kita tempuh tentunya mengikuti aturan Allah SWT. Termasuk dalam hal makan/minum. Ketika makan, Islam telah memiliki aturannya tersendiri. Salah satunya, jangan kita meniup makanan/minuman.

Pada abad ketujuh, Rasulullah telah menyampaikan hal tersebut dalam sabdanya:

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنِ النَّفْخِ فِى الشُّرْبِ

Dari Abu Said Al Khudri bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang meniup minuman. (HR. Tirmidzi)

Memang, apa yang akan terjadi jika makanan ditiup?

Kita semua tahu kalau saat menghembuskan nafas (ekspirasi) maka kita akan mengeluarkan CO2. Nah, saat meniup makanan CO2 akan bergabung dengan uap air (H2O) menjadi H2CO3 yang bersifat asam. H2CO3 dalam keadaan normal berfungsi untuk mengatur tingkat keasaman (Ph) di dalam darah. Sehingga, jika kita meniup makanan, maka secara otomatis akan terbentuk asam karbonat (H2CO3) yang menyebabkan kenaikan kadar asam darah yang apabila terakumulasi akan menyebabkan suatu kondisi yang disebut asidosis yakni meningkatnya kadar asam dalam darah melebihi batas normal.

Dalam kondisi tertentu asidosis yang berat dapat menyebabkan terjadinya kerusakan organ lain, seperti ginjal bahkan sampai menyebabkan kematian. Sehingga, jika kita menemui hidangan makanan yang panas, cukup bagi kita menggunakan kipas angin untuk mendinginkannya.

Referensi: Tau Gak Sih Islam Itu Sehat?/Karya: Dr. Faza Khilwan Amna, MMR dan Dr. Hendri Okarisman/Penerbit: Aqwamedika [ip]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.