Inilah 7 Alasan Mengapa Kamu harus Belajar Bahasa Arab


Headlineislam.comBahasa Arab adalah bahasa pemersatu umat islam, dulu ketika islam masih jaya Bahasa Arab digunakan oleh seluruh umat islam tanpa terkecuali. Sebab, Bahasa Arab diwajibkan agar bisa dikuasai oleh seluruh umat islam. Namun, setelah islam mengalami kemunduran, kini penggunaan Bahasa Arab terlupakan oleh umat muslimnya sendiri, bahkan seolah-olah tidak dibutuhkan dalam kehidupan.

Jika seseorang diminta untuk belajar Bahasa Arab maka ada berbagai alasan yang keluar; takut tidak bisa lah, takut susah lah, gak ada waktu, atau bahkan ada orang yang beranggapan Bahasa Arab itu kurang gaul, tidak seperti Bahasa Inggris yang dipakai para aktor-aktris ternama.

Nah, untukmu yang masih mencari-cari alasan lainnya, mendingan pikir-pikir dulu deh, sambil merenungi beberapa alasan di bawah ini agar kamu belajar Bahasa Arab. Dilansir Ilmfeed, ada 7 alasan mengapa kamu harus belajar Bahasa Arab:

1. Memahami kata-kata dari Allah SWT tanpa mengandalkan terjemahan

Jika seseorang yang dicintai kamu mengirimkan surat dalam bahasa asing, maka tak jarang kamu akan terburu-buru untuk mencari tahu apa yang dikatakannya. Maka, tentu hal itu harus kamu tanamkan juga ke dalam Bahasa Arab. Sebab, Bahasa Arab adalah kalam Allah atau perkataan Pencipta manusia. Oleh karena itu, jika kamu paham Bahasa Arab, maka kamu akan memahami perkataan dari Tuhanmu di Al-Qur’an tanpa terjemah, keren kan?

2. Memahami hadits Nabi Muhammad SAW

Bayangkan jika kamu bisa membaca dan memahami hadits atau kata-kata dari Nabi terkasih Muhammad SAW langsung dalam bahasa Arab. Subhanallah, sungguh kamu sangat senang dan bangga bukan? Yah, dengan belajar Bahasa Arab kamu dapat memahami hadis Nabi tanpa perlu mengandalkan terjemahan. Hebat bukan?

3. Meningkatkan kekusyuan dalam shalat

Salah satu cara meningkatkan kekusyuan dalam shalat ialah dengan memahami arti dari bacaan shalat yang kamu ucapkan. Sebab, ketika kamu tahu arti dari bacaan shalatmu maka kamu seperti sedang memohon atau melakukan percakapan dengan Allah SWT ketika shalat. Jika kamu bisa Bahasa Arab, shalat kamu lebih khusyu bukan?

4. Memamahi kitab-kitab ilmu Islam karangan para Ulama

Meskipun saat ini banyak buku-buku atau kitab-kitab tentang Ilmu Islam karangan ulama telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, namun tak jarang bahasa terjemahan itu tidak sesuai jika menggunakan bahasa selain Bahasa Arab. Oleh karena itu, jika kamu bisa Bahasa Arab, maka kamu akan dengan mudah membaca dan memahami kitab-kitab karangan ulama tersebut. Ehm, hebat kan?

5. Bahasa Arab termasuk 5 bahasa paling umum di dunia

Jika kamu belajar Bahasa Arab, kamu gak usah takut gak gaul, sebab Bahasa Arab itu termasuk lima bahasa yang paling umum di dunia.

Bahasa Arab dituturkan oleh lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia dan merupakan bahasa resmi di lebih dari 24 negara. Dengan belajar bahasa Arab, kamu dapat berkomunikasi dengan penutur bahasa Arab di seluruh dunia. Keren bukan?

6. Meningkatkan kesempatan kerja

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yangmenguasai lebih dari satu bahasa maka akan mudah mendapatkan pekerjaan. Sehingga, Belajar Bahasa Arab akan meningkatkan prospek kerja kamu dan akan terlihat bagus pada CV atau Resume kerjamu bukan?

7. Belajar bahasa baru dapat meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan memori

Umar ra. pernah menuturkan, “Belajar Bahasa Arab dapat memperkuat pikiran .” Beberapa studi juga telah menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki kemampuan bilingual atau multibahasa dinilai sebagai komunikator terbaik. Dengan belajar Bahasa Arab, maka daya ingatmu akan tajam serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritismu dalam keterampilan lainnya.

Dari ketujuh alasan mengapa kamu harus belajar Bahasa Arab di atas, kamu sudah mendapatkan alasan untuk mulai mengenal Bahasa Arab bukan? So, tidak ada yang tidak mungkin jika kamu berusaha. Semangat Belajar Bahasa Arab! (ip/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.