Imam Masjid di Thailand Selatan Ditembak Berkali-kali saat Menuju Masjid



Headlineislam.comSeorang pemimpin agama Islam, Imam Masjid, ditembak saat berkendara dalam serangan di Thailand selatan yang dilanda konflik pada hari Ahad malam (26/06/2016), menurut pejabat setempat.

Sersan Narawit Ratchakityothin, petugas penyelidik di Kabupaten Yaring provinsi Pattani, mengatakan kepada Anadolu Agency pada hari Senin (27/06/2016) bahwa serangan itu terjadi pada malam hari, pukul 07:10 (1310GMT), saat imam Abdulloh Doe, 46 tahun, sedang mengendarai sepeda motornya menuju sebuah Masjid desa setempat.

Seorang pria tidak dikenal yang telah mengikuti Doe menembaknya beberapa kali dari belakang dengan pistol.

Ratchakityothin mengatakan bahwa Doe menyerah pada luka-lukanya di tempat kejadian.

Thailand selatan – khususnya tiga provinsi Yala, Pattani dan Narathiwat – dilanda konflik bersenjata selama lebih dari 50 tahun yang telah menjadi salah satu konflik intensitas rendah di dunia namun mematikan.

Penembakan itu tidak dianggap berkaitan.

“Kami yakin saat ini bahwa penembakan itu karena konflik pribadi,” kata Ratchakityothin melalui telepon.

Konflik di selatan berakar dalam masalah agama-etnis-budaya antara Muslim Melayu yang telah berabad lamanya tinggal di wilayah selatan dengan pemerintah pusat Thai yang menjadikan Buddhisme sebagai agama nasional de-facto.


Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.