Bashar Assad: Aleppo akan Jadi Kuburan Erdogan

Bashar Al-Assad
Headlineislam.com – Presiden Suriah Bashar al-Assad berjanji untuk terus bertempur dalam apa yang ia sebut perang melawan ‘terorisme.’ Assad tidak menunjukkan tanda-tanda ‘kompromi’ pasca pidato besar pertamanya sejak perundingan damai pada April lalu, Alarabiya melaporkan.

Assad mengatakan pada Selasa (7/6/2016) bahwa dia akan menguasai kembali “setiap inci” dari tanah Suriah yang dikuasai kelompok pemberonta. Assad juga mengatakan Aleppo akan menjadi kuburan bagi harapan dan impian Presiden Turki Tayyip Erdogan, yang Assad tuduh sebagai sponsor utama dari para kelompok pejuang yang ingin menggulingkannya.

“Perang kami adalah terus melawan terorisme. Pertama kami berhasil membebaskan Tadmur (Palmyra) sebelum daerah lainnya. Kami akan membebaskan setiap inci tanah Suriah dari tangan mereka. Satu-satunya pilihan bagi kami adalah kemenangan,” ungkap Assad dalam pidato kepada parlemen yang disiarkan oleh televisi pemerintah.

Tentara Suriah dan sekutu milisi yang dibantu oleh serangan udara Rusia berhasil membebaskan Palmyra dari ISIS pada Maret 2016. Selain perang dengan ISIS, Assad juga melawan kelompok pembebasan yang dituduh mendapat dukungan dari Turki.

Aleppo adalah kota terbesar sekaligus pusat komersial Suriah sebelum perang. Daerah sekitarnya yang berada di perbatasan dengan Turki telah dibagi antara daerah dari pemerintah dan kelompok bersenjata. Meningkatnya pertempuran di sana telah merusak perjanjian perdamaian yang telah disepakati pada bulan Februari 2016.

Assad menuduh Erdogan baru-baru ini telah mengirimkan ribuan pasukan Turki ke Aleppo. Menurut Rusia yang telah membom dalam mendukung Assad sejak September 2015, mengatakan pada Sabtu (4/6/2016) bahwa lebih dari 2000 pasukan Turki telah dikerahkan ke wilayah Aleppo.

Perwakilan Rusia mengatakan pada Senin (4/6/2016) bahwa angkatan udaranya akan memberikan dukungan kuat untuk pasukan Assad, agar tidak membiarkan Aleppo dan daerah sekitarnya jatuh ke tangan kelompok yang mereka sebut ‘teroris.’ (ip/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.