Naudzubillah! Milisi Syiah Iraq Hancurkan Lima Masjid Ahlussunnah di Al-Karmah



Headlineislam.comTidak sampai satu hari, milisi Syiah telah menghancurkan lima masjid Sunni di desa Al-Karmah, provinsi Anbar. Masjid yang dihancurkan adalah Masjid Agung Al-Karmah, Ibrahim al-Hasoun, Nabi Allah Yusuf, Ibrahim al-Ahmad, dan Mohammad al-Hadhour.

Selain itu, Asosiasi Ulama Sunni di Iraq juga mengungkap bahwa para militan Syiah pada Sabtu (28/05) lalu juga telah membakar kantor urusan sipil di wilayah Al-Karmah yang terletak 16 kilometer dari Fallujah dan dihuni oleh 95 ribu orang.

Terkait kondisi Fallujah, jubir milisi Syiah Hashd al-Shaabi (Karim al-Nuri) mengklaim bahwa kabar kehadiran Jenderal Qasem Sulaimani di Fallujah hanya dibesar-besarkan. “Sulaimani hanya bekerja sebagai penasihat militer yang sama dengan 4 ribu penasihat Amerika yang bekerja di Irak,” katanya dalam sebuah siaran pers seperti dikutip dari Zaman Al-Wasl.

Sebelumnya, Sulaimani (Jenderal Garda Revolusi Iran) dilaporkan berada di Fallujah, provinsi Anbar bersama dengan para pemimpin milisi Syiah lainnya saat operasi militer telah digulirkan.


Dalam foto yang diposting oleh Harakat Hizbullah al-Nujaba (salah satu milisi Syiah Iraq), Sulaimani tampak bersama dengan wakil kepala milisi, Hashd al-Shaabi Abu Mahdi al-Muhandis, Pemimpin Harakat Akram al-Kaabi dan kepala Organisasi Badr, Hadi Al-Amiri.

Partisipasi milisi Syiah bersama tentara Iraq terkait operasi yang sedang berlangsung di Fallujah ini sendiri telah memicu kekhawatiran masyarakat dan ulama Sunni.

“Ini mengkhawatirkan, bagaimana mungkin orang asing (Sulaimani) telah datang ke Fallujah dengan (alasan) untuk ‘menyelamatkan’ kota,” ungkap Fikren Al-Ani, dosen ilmu politik di Al-Nahrain Universitas Baghdad.

Sebagaimana diketahui, kota Fallujah merupakan basis warga Sunni di Iraq. Sementara para pemegang pemerintahan saat ini mayoritas pengikut Syiah. Tidak hanya itu, pemerintah juga menggandeng milisi-milisi sipil Syiah untuk memerangi ISIS, yang tak jarang dimanfaatkan oleh milisi Syiah untuk menargetkan warga Sunni. (kt/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.