Gara-gara Pendeta Syiahnya Dieksekusi Saudi, Iran Ogah Kirim Jamaah Haji


Headlineislam.comPemerintah Iran dilaporkan telah menyatakan bahwa mereka tidak akan mengirim jamaah haji tahun 2016 ini.

“Kondisi kami tidak siap untuk melakukan haji tahun ini; kami merasa telah disabotase oleh Saudi,” ungkap Menteri Kebudayaan Iran, Ali Jannati pada Kamis (12/6/2016).

Delegasi Iran telah menggelar empat hari pembicaraan di Arab Saudi bulan April lalu. Tujuannya untuk melakukan kesepakatan, karena misi diplomatik Arab di Iran telah ditutup sejak penerbangan Iran ke Saudi dihentikan pada Januari 2016, terkait kasus hukuman mati bagi tokoh Syiah Nimr Al-Nimr.

Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada tanggal 3 Januari setelah terjadi penyerangan di sekeliling gedung kedutaan besar Saudi di Teheran dan Mashhad oleh kaum Syiah yang marah. Mereka marah memprotes eksekusi mati yang dilakukan Saudi terhadap tokoh Syiah Nimr al-Nimr.

Jannati mengatakan Saudi juga telah mengusir delegasi Iran yang dipimpin oleh ketua Haji Iran, Saeid Ouhadi. Sehingga makin memperuncing perrmusuhan antara kedua negara. [sm/islampos]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.