Partai Komunis Jalankan Pemerintahan, Presiden Cina Xi Jin Ping Larang Jilbab dan Jenggot di Negaranya

Presiden Jokowi bersama Presiden China Xi Jin-ping beserta kedua ibu negara
Headlineislam.com Presiden Cina Presiden Xi Jin-ping mewaspadai infiltrasi asing melalui ajaran agama dan menghentikan beberapa ekstremis yang menyebarkan ideologi mereka.

“Kami harus tegas menolak infiltrasi asing melalui sarana agama dan waspada terhadap pelanggaran ideologi yang dilakukan oleh orang-orang ekstremis,” mengutip pernyataan Xi dalam lokakarya nasional tentang agama yang berakhir pada Sabtu (23/4/2016) lalu.

Partai Komunis yang menjalankan pemerintahan Cina saat ini menyatakan bahwa pihaknya melindungi kebebasan beragama, namun secara ketat mengawasi berbagai aktivitas keagamaan dan hanya mengizinkan institusi agama yang secara resmi diakui oleh negara menjalankan ritual dan aktivitasnya.

Pemerintah Cina perhatian terhadap apa yang dilihatnya sebagai meningkatnya pengaruh oleh kelompok garis keras di kawasan Xinjiang di barat yang mana ratusan orang terbunuh lebih dari beberpa tahun yang lalu akibat kekerasan antara para anggota komunitas muslim Uighur dan mayoritas suku Han Cina.

Pemerintah telah meningkatkan aturan yang melarang atribut-atribut keagamaan yang terlihat nyata, seperti kerudung dan jenggot.

Secara terpisah, beberapa pemeluk agama Kristen di Cina menyatakan bahwa pihak berwenang membatasi aktivitas mereka dan menurunkan salib di gereja di wilayah pesisir Provinsi Zhejiang.

Pihak berwenang menyatakan bahwa salib tersebut dibongkar karena umat Kristen di Cina dianggap melakukan pelanggaran peraturan atas bangunan ilegal.

Unjuk rasa pecah pada 2014 di kota yang banyak dihuni umat Kristen Cina, Wenzhou, juga di Zhejiang, atas tindakan pembongkaran salib yang dilakukan pemerintah setempat.

Pada bulan Januari lalu, pihak berwenang juga menyatakan bahwa beberapa pastur Kristen diperiksa atas dugaan penggelapan dana.

Investigasi itu dilakukan setelah pastor tersebut melancarkan aksi menentang pembongkaran salib.

Para anggota Partai Komunis Cina wajib menganut paham-paham Marxis dan masih tetap kukuh sebagai atheis, demikian pernyataan Xi dalam sambutannya. (Intelijen)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.