Komnas HAM Nyatakan Ditemukan Banyak Pukulan di Dada Siyono Hingga Menyebabkan Kematian


Headlineislam.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Senin (11/04), akhirnya merilis hasil autopsi jasad Siyono, korban Densus 88. Hasilnya menyebutkan bahwa pria asal Klaten itu meninggal akibat pukulan benda tumpul di bagian dada.

Komisioner Komnas HAM, Siane Indriyani, menjelaskan bahwa berdasarkan laporan hasil autopsi, Siyono meninggal akibat pukulan benda tumpul di beberapa bagian. Siane membeberkan, ada sejumlah luka di bagian kepala, dada dan kaki.

Di bagian rongga dada, jelasnya, ditemukan patah tulang iga kiri sebanyak lima buah. Sementara di bagian kanan ada satu tulang yang patah keluar. Tulang dada juga ditemukan dalam kondisi patah.

“Ini yang ke arah jantung, menyebabkan kematian yang fatal,” jelasnya di Kantor Komnas HAM Jakarta.

Dia menambahkan, pada bagian tubuh belakang ditemukan luka memar. Hal itu menunjukkan ada tekanan dari depan ke belakang.

Siane membenarkan ada luka di bagian kepala Siyono. Ada sedikit pendarahan, tetapi hasil autopsi menyebutkan bukan itu yang menyebabkan kematiannya.

“Tetapi yang menyebabkan kematian di bagian dada,” tegasnya.

Sebelumnya, dr. Gatot Soeharto selaku Tim Dokter Forensik Muhammadiyah menegaskan bahwa apa yang dilakukannya bersama tim didukung oleh kemampuan dan kewenangan forensik.

“Kami akan menyampaikan secara profesional dan proporsional disertai rambu-rambu yang ada pada profesi kita,” tegasnya.

Hasil autopsi menunjukkan bahwa Siyono mengalami luka-luka di beberapa bagian tubuhnya. Luka itulah yang menyebabkan kematiannya.

“Ada temuan-temuan luka yang sifatnya intravital, yaitu terjadi saat masih hidup dan terjadi akibat kekerasan,” pungkas Gatot.

Dalam konferenai pers tersebut, hadir Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas dan tim dokter forensik yang melakukan autopsi, Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, serta perwakilan sejumlah LSM diantaranya KontraS, Lingkar Madani (Lima), YLBHI, LBH Jakarta, dan PSHK. (Kiblat)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.