Erdogan Minta Blokade Gaza Dihentikan



Headlineislam.comPresiden Turki Recep Tayyip Erdogan datang ke Amerika Serikat (AS) pada Kamis (31/3) lalu, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Nuklir di Washington.

Dalam kesempatan itu, Erdogan meminta blokade Zionis Israel terhadap Jalur Gaza sejak 10 tahun yang lalu yang menyebabkan hancurnya sendi-sendi kehidupan manusia di sana segera dibuka. Demikian dikabarkan Pusat Informasi Palestina, Jumat (1/4).

Dalam sambutannya, Erdogan mengisyaratkan, pemerintahannya berusaha untuk menyuplai kebutuhan air yang layak melalui teknik penyulingan air laut dan memberikan pembangkit listrik untuk wilayah tersebut.

Ia mengatakan, hubungan Ankara dengan Tel Aviv ke depan akan mengalami kemajuan dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dihadapi. Namun pihaknya meminta agar blokade Gaza dibebaskan.

Sejak gerakan Hamas menang pemilu legislatif Palestina tahun 2006 Israel menerapkan blokade yang ketat terhadap Jalur Gaza sehingga menyebabkan krisis kemanusiaan yang berat disana. Di tambah lagi tiga kali agresi Israel yang menghancurkan Jalur Gaza yang terbloke yang menyebabkan ribuan warga Palestina gugur syahid dan puluhan ribu lainnya luka-luka. (SI-online)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.