Kasian; Kehadiran Jokowi di UNS Didemo Mahasiswa



SOLO (Headlineislam.com) – Kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi kuliah umum dalam Lustrum UNS ke VIII sempat diwarnai dengan aksi demonstrasi mahasiswa UNS di halaman gedung rektorat UNS, Jumat (11/3/2016).

Beberapa personel mahasiswa sempat diamankan Paspampres lantaran mencoba menyerahkan surat tuntutan secara langsung kepada Jokowi.

Mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS itu mencoba mencegat Presiden saat Presiden hendak meninggalkan UNS.

"Kami sebenarnya aksi damai, hanya ingin berdialog dengan Jokowi. Tetapi yang terjadi Jokowi tidak mengindahkan. Keamanan juga cenderung ketat dan represif," kata Presiden BEM UNS, Doni Prabowo kepada wartawan usai aksi.

Doni menyayangkan sikap aparat yang bertindak represif kepada mahasiswa. Terlebih, aparat keamanan menggunakan senjata lengkap saat berada di kampus.

"Surat yang mau saya serahkan direbut paksa polisi dan saya juga diamankan di dalam," ujar dia.

Padahal, kata Doni, mahasiswa hanya ingin menyampaikan beberapa tuntutan kepada Jokowi.

Antara lain menciptakan pemerintahan yang bebas dari korupsi, swasembada pangan dan pengelolaan migas ke tangan bangsa.

Kemudian peningkatan aksesibilitas pendidikan dan perbaikan sistem jaminan kesehatan nasional.

Setelah gagal berdialog dengan Jokowi, mahasiswa kemudian menggelar orasi di halaman rektorat. Seiring gerimis yang mengguyur, mahasiswa kemudian membubarkan diri.

Sumber : Tribun | Headlineislam.com

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.