Hizbullah Tengah Rencanakan Serangan Besar-besaran di Saudi


Headlineislam.comPemerintah Arab Saudi dan Yaman menegaskan keterlibatan Hizbullah Libanon secara langsung, dalam perang Yaman antara pemerintah dan para pemberontak Houthi yang juga didukung Presiden terguling Ali Abdullah Saleh.

Dua negara tersebut juga menyebut milisi Syiah Hizbullah tengah merancang rencana secara matang untuk melancarkan operasi militer di wilayah Saudi.

Menteri Pertahanan, penasihat Koalisi Arab serta pimpinan tertinggi dalam misi perang melawan Houthi, Brigadir Jenderal Ahmad Asiri menyatakan adanya tentara bayaran dari Iran serta beberapa unsur milisi Hizbullah di Yaman.

Menurut Asiri, beberapa pelatihan milisi Houthi di Yaman banyak menggunakan jasa dari militan Iran serta Hizbullah Libanon. Hal itu menurutnya bukan hal yang mengejutkan lagi, dimana telah banyak bukti kongkrit yang mendukung penemuan itu. Salah satunya, Asiri menyebutkan dengan ditemukannya rekaman audio yang mengkonfirmasi kehadiran mereka di perbatasan Yaman-Saudi.

Pemerintah Saudi menurut Asiri telah mengintidivikasi adanya unsur Hizbullah menjadi militan bayaran yang terorganisir secara sangat sistematis dalam perang Yaman. Sementara itu Saudi terus menyerukan pemerintah Libanon untuk  mengambil sikap tegas terhadap tindakan Hizbullah.

Sebuah saluran televisi lokal Saudi beberapa waktu lalu menayangkan klip video yang menunjukan pelatihan anggota milisi Houthi oleh pelatih Hizbullah. Salah satu bagian klip tersebut bahkan menunjukkan aspek persiapan operasi di ibu kota Saudi, Riyadh dan perbatasan Saudi-Yaman.

Pejabat Saudi mengatakan kepada Reuters dan organisasi media lainnya, orang yang berada dalam klip tersebut diduga anggota Hizbullah Lebanon yang dikenal sebagai Abu Saleh, ia tampak duduk di tenda dan merancang  taktik dengan pejuang Houthi musim panas lalu.

Juru bicara pemerintah Yaman Rajeh Badi, menegaskan bahwa pihaknya memiliki banyak dokumen dan bukti fisik yang menunjukkan sejauh mana keterlibatan individu milik Hizbullah dalam perang melawan milisi Houthi di Yaman. (md/headlineisalm.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.