Bawa Semangat Sektarian, Ratusan Jenderal Iran Siap ke Suriah

Komandan Pasukan Basij Iran, Muhammad Ridha Naqdi
Teheran (Headlineislam.com) – Komandan Pasukan Basij Iran, Muhammad Ridha Naqdi, sesumbar ratusan jenderal Garda Revolusi Iran siap berangkat dan mengatur pertempuran di Suriah. Dengan membawa permusuhan sektarian, Naqdi mengatakan para komandan itu tidak akan mengulang kesalahan Al-Hassan bin Ali yang telah membuat perjanjian damai dengan Mu’awiyah bin Abu Sufyan.

Seperti dilansir Arabi21.com, Rabu (10/02), Naqdi mengklaim bahwa Pemimpin Spiritual Syiah Tertinggi Ayatullah Khamenei memiliki relawan, gerilyawan serta tentara yang lebih kuat dari pasukan Ali bin Hasan ketika menjalin kesepakatan damai dengan Muawiyah.

“Jika Al-Hasan bin Ali memiliki pasukan sebesar pasukan Khemenei saat ini tak akan terjadi kesepakatan tercela itu. Untuk itu, hari ini kami menolak suara-suara yang mengatakan bahwa masa ini seperti masa perdamaian antara Hasan dan Muawiyah sehingga mengharuskan kami berdamai dengan musuh,” kata Naqdi.

Dalam pidatonya di upacara Mahasiswa Revolusioner dan komandan Basij untuk memperingati Revolusi Iran, Naqdi mengatakan bahwa Hutsi di Yaman dan Al-Hasd Al-Syakbi di Iraq adalah sahabat Al-Hasan paling utama dalam masa ini. Jika hari ini mereka bersama Al-Hasan, pasti dia tidak akan berdamai dengan Muawiyah.

Naqdi juga menyamakan para perwira Garda Revolusi yang berangkat ke Suriah meninggalkan anak dan istri membela tempat “suci syiah” seperti Nabi Ibrahim yang meninggalkan anak dan istrinya ketika turun wahyu. Para perwira itu disamakan dengan nabi dan dianggap menolong orang-orang lemah dan terzalimi di Suriah.

Untuk diketahui, peristiwa perdamaian antara Hasan dan Muayiwah untuk mencegah perpecahan di barisan kaum muslimin yang saat itu menyebar banyak fitnah. Para ulama Ahlussunnah memuji sikap Hasan dan menyebut sikap Hasan seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad.

Iran telah mengirim banyak pasukan mulai dari jenderal hingga prajurit ke Suriah. Pengiriman pasukan itu dengan dalih membela tempat-tempat suci Syiah di Suriah. Namun di lapangan, mereka ikut bertempur di berbagai wilayah Suriah yang tidak terdapat tempat suci Syiah.

Pasukan Basij adalah pasukan para militer Iran di bawah kendali Garda Revolusi Iran. Satuan tempur ini didirikan Khomaini ketika revolusi Syiah Iran. Anggota adalah para relawan dan pengikut setia Komaini. Tak hanya laki-laki, pasukan ini juga melibatkan wanita dan anak-anak.

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.