Syiah Iran Paksa Pengungsi Afghanistan Berperang di Irak Dan Suriah


Headlineislam.com – Organisasi kemanusiaan internasional “Human Rights Watch” menuding pemerintah Syiah Teheran telah memperkerjakan paksa ribuan pengungsi asal Afghanistan di Iran, untuk ikut berperang melawan kelompok pejuang revolusi di Irak dan Suriah.

Dalam laporan terbaru organisasi di awal tahun 2016 yang di rilis pada hari Jum’at (29/01) menyatakan bahwa HRW memiliki bukti kuat mengenai adanya pengerahan pengungsi asal Afghanistan di Iran untuk ikut berperang membantu rezim yang sedang berkuasa.

Kegiatan pengiriman pengungsi asal Afghanistan ke Irak dan Suriah telah dimulai pemerintah Syiah Teheran sejak bulan September tahun 2013 lalu, dengan imbalan hak tinggal di Iran dan insentif keuangan bagi warga Afghanistan yang pergi dan keluarga yang ditinggalkan.

Dari penyelidikan yang dilakukan HRW, biasanya warga pengungsi Afghanistan yang berada di Irak ataupun di Suriah akan ditempatkan pasukan Garda Revolusi Iran untuk menjaga tempat-tempat suci Syiah di kedua negara tersebut.

Sementara itu dalam keterangan terpisah, manajer darurat HRW, Peter Bouckaert, mengatakan bahwa selain memberi imbalan insentif dan hak tinggal, warga pengungsi Afghanistan yang tidak mau ikut membela Syiah diancam akan di deportasi ke negara asalnya. (em/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.