Serangan Terkoordinir ISIS Tewaskan Puluhan Tentara Syiah



Anbar (Headlineislam.com) – Serangan terkoordinir yang diluncurkan Daulah Islamiyah atau lebih dikenal ISIS di Provinsi Anbar dan Shalahudin beberapa hari terakhir menewaskan sedikitnya 69 pasukan tempur Iraq. Mayoritas korban adalah tentara, anggota milisi Syiah Al-Hasd Al-Syakbi dan milisi bayaran Shahawat.

Menurut keterangan yang berhasil dihimpun Al-Jazeera, Senin (04/12), dari sumber militer Iraq, ratusan dari mereka juga luka-luka akibat serangan yang ia sebut terkoordinir tersebut. Serangan menyasar ke barak dan tempat-tempat militer.

Sumber yang sama menunjukkan, serangan paling sengit dialami kota Barwanah dan Sukran di timur Provinsi Anbar. Hal yang sama juga terjadi di barak militer di utara dan barat laut kota Falujah.

Di Provinsi Shalahudin, para pejuang ISIS menargetkan barak militer di kota Saddah Samara, Shalahudin Selatan. Serangan besar juga dilancarkan ISIS menargetkan titik-titik militer dan milisi pendukung pemerintah di barat kota Samarra.

Sedikitnya enam pejuang ISIS menyerbu pangkalan militer Sabakir di barat laut Tikrit, Provinsi Shalahudin. Pertempuran sengit pun meletus. Para pejuang ISIS meledakkan sabut yang dikenakannya sehingga menewaskan sejumlah tentara, termasuk perwira.

Di sisi lain, pemerintah Iraq dan koalisi AS mengumumkan serangan sengit menargetkan ISIS di dua provinsi tersebut. Serangan itu diklaim menimbulkan kerugian signifikan di barisan kelompok yang telah mendeklarasikan diri sebagai Khilafah Islamiyah itu.

Serangan masif ini diluncurkan di saat gerakan tersebut mengalami sejumlah kemunduran di Iraq, terutama di kota Ramadi. Militer Iraq, milisi Syiah dan milisi bayaran merebut kota tersebut setelah melakukan blokade selama setahun lebih. (k/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.