Innalillah; Komandan Jabhah Nusrah Wilayah Arihah Dibunuh



Idlib (Headlineislam.com) – Orang tak dikenal membunuh komandan Jabhah Nusrah wilayah Arihah, Provinsi Idlib, pada Rabu (20/01). Komandan Iyadh Al-Adl terbunuh bernama pengawal pribadinya, Abdul Wahab Abu Hajiz.

Sejumlah aktivis yang dikenal dekat dengan para pejuang Jabhah Nusrah, seperti dilansir Arabi21, mengatakan bahwa komandan yang akrab dipanggil Abu Atiq itu ditembak orang tak dikenal ketika menaiki motor bersama pengawalnya. Insiden ini terjadi di depan rumahnya di lingkungan Al-Gharby, kota Ariha.

Provinsi Idlib beberapa bulan terakhir krisis keamanan akibat banyaknya kelompok bersenjata. Di saat yang sama, militer Suriah menggulirkan operasi rahasia untuk membunuhi para komandan. Akibatnya, kekacauan di kota itu semakin ruwet.

Di sisi lain, sel-sel ISIS juga bercokol di Idlib. Belum lagi milisi-milisi bentukan AS dan negara asing yang menganggap Jabhah Nusrah sebagai kelompok teroris.

Abu Atiq merupakan komandan muda berumur 26 tahun. Dia termasuk komandan baris kedua di Jabhah Nusrah sehingga ia mendapat kepercayaan dari para senior.

Sebelum revolusi meletus, Abu Atiq mendekam di penjara rezim karena aktivitasnya yang dianggap anti pemerintah. Beberapa bulan dibebaskan, demonstrasi menyebar di seluruh wilayah Suriah.

Awalnya Abu Atiq bergabung dengan Ahrar Al-Syam. Beberapa bulan kemadian, ia menyatakan masuk ke barisan Jabhah Nusrah. Dengan cepat ia dipercaya menjadi komandan karena kecerdasan dan keahliannya memimpin pertempuran.

Sebelum Abu Atiq, komandan Jabhah Nusrah wilayah Idlib Abu Muhammad Al-Fatih juga mengalami nasib serupa. Bahkan, ia dibunuh bersama istri, saudara dan sebagian anaknya. Insiden itu terjadi pada April 2014.

Masih di tahun yang sama, komandan Ya’kub Al-Umar yang menjabat Qadhi Jabhah Nusrah juga dibunuh. Kedua pembunuhan komandan itu disinyalir dilakukan ISIS. (k/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.