Syiah Targetkan Istana Presiden di Ma’rib



Sana’a (Headlineislam.com) – Sejumlah tentara Yaman tewas dan sebagian terluka ketika milisi Syiah Hutsi menargetkan istana presiden di Ma’rib.

Dikutip dari MiddleEastMonitor, Sabtu (26/12), roket Katyusha milik milisi Hutsi telah menewaskan lima tentara dan melukai lima lainnya.

Pada September tahun lalu, Hutsi juga menyerbu ibukota Yaman dan mengambil sebagian akomodasi negara, yang memaksa Presiden Abdur Rabbu Mansur Hadi dan pemerintahannya melarikan diri ke Riyadh.

Bulan Maret lalu, Arab Saudi dan sekutu Arabnya mulai memulai kampanye udara di Yaman, yang bertujuan untuk meruntuhkan kelompok Hutsi di Yaman dan untuk memulihkan pemerintahan Hadi.

Sejak kembali di kota pelabuhan Aden, Hadi tetap menjalankan kursi pemerintahannya, sedangkan Hutsi telah mengendalikan ibu kota Sana’a.

Hingga kini, pertempuran terus berlangsung di beberapa bagian negara antara kelompok Hutsi yang didukung Iran dan pasukan pemerintah pro-Hadi yang didukung Arab Saudi.

Menurut angka PBB, sekitar 6.000 orang telah tewas sejak Arab Saudi dan sekutunya mulai melancarkan operasi udara dan darat di Yaman sejak sembilan bulan lalu.

Lembaga HAM sendiri telah merilis, dalam setahun terakhir lebih dari 28 ribu orang tewas dalam konflik Yaman. (K/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.