Swedia Tolak Kirim Jet untuk Bantu Perancis Perangi ISIS! Ada Apa?


Swedia (Headlineislam.com) – Pemerintah Swedia menolak mengirim pesawat tempur Gripen Jas guna membantu Perancis dalam memerangi ISIS di Iraq dan Suriah. Swedia beralasan, belum ada kejelasan dari pihak internasional.

“Alasan utama adalah bahwa sejauh ini adalah wilayah abu-abu hukum. Itu bisa berubah jika ada mandat yang sangat jelas PBB. Tapi sejauh ini belum ditetapkan oleh hukum internasional,” ujar Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom, Kamis (17/12).

Walau begitu, pemerintah Swedia menawarkan pesawat angkut dalam misi Perancis di wilayah Suriah.

Dia juga mengatakan, permintaan Perancis ini akan dievaluasi kembali pada tahun depan untuk melihat apakah itu sesuai undang-undang ekspor senjata Swedia.

Pemimpin oposisi Partai Moderat, Anna Kinberg menyatakan bahwa, “Saya kecewa pada kelesuan pemerintah dan kami akan mampu memberikan komponen militer”.

Pada bulan lalu, Perdana Menteri Swedia, Stefan Lofven mengatakan, negaranya akan mendukung permohonan Perancis pasca serangan di Paris. (K)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.