Negara-Negara Arab Bentuk Aliansi Militer Islam Guna Hadapi Teroris, Indonesia Kemana?


Arab Saudi (Headlineislam.com) – Senin 14 Desember 2015, sebanyak 34 negara Islam memutuskan pembentukan “Aliansi Militer Islam” yang berbasis di ibukota Riyadh, Arab Saudi, dalam rangka memerangi terorisme yang mengatasnamakan agama.

Seperti dilansir Saudi Press Agency “SPA” dalam terbitannya pada hari Selasa (15/12) pagi menyatakan, “Ibukota Riyadh akan menjadi markas utama Aliansi Militer Islam yang akan bertugas mengkoordinasi dan memberikan dukungan operasi militer melawan teroris, serta pengembangan perangkat lunak untuk mendukung upaya dan mekanisme tersebut.”

Di antara negara-negara yang berpartisipasi dalam Aliansi Militer Islam adalah Arab Saudi, Yordania, UEA, Mesir, Pakistan, Bahrain, Bangladesh, Turki, Tunisia, Sudan, Palestina, Qatar, Kuwait, Lebanon, Libya, Malaysia, Maroko dan Yaman.

Tercatat ada 10 negara lainnya di luar kawasan Timur Tengah yang telah menyatakan dukungan terhadap Aliansi Militer Islam.

Selain koordinasi antar negara anggota, nantinya Aliansi Militer Islam akan berkerjasama dengan pemerintah dan organisasi internasional lainnya dalam rangka menghabisi aksi terorisme yang banyak menyebar dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. (em)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.