MUI: "Kebijakan Bupati Purwakarta Merupakan Resepsi Dari Teori Snouck Hougrounje"


Jakarta (Headlineislam.com) – Komisi Hukum dan Perundangan-undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr. Abdul Choir Ramadhan menilai kebijakan budaya yang dicanangkan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi termasuk dari nativisasi atau pengembalian budaya pra-Islam bermuatan klenik.

“Secara zahir termasuk nativisasi baik disengaja ataupun tidak,” katanya seusai Muzakarah Ulama, di Jakarta, Kamis (10/12).

Abdul Chair menegaskan ada kekhawatiran jika hal itu dibiarkan tanpa batas nanti orang akan berpandangan bahwa budaya lebih kuat dari syariat. “Syariat harus tunduk pada budaya, dan syariat harus diimplementasikan dengan budaya,” kata dia.

“Ujung-ujungnya, syariat yang bertentangan dengan budaya harus digeser atau ditiadakan,” jelas salah satu Presidium Muzakarah Ulama itu.

Hal ini sangat lekat dengan program kolonialisme Belanda di Tanah Air, mengacu kepada teori resepsi yang dikembangkan oleh Snouck Hourgronje.

“Bahwa hukum Islam dapat berlaku sepanjang adat menerima. Ini yang disebut oleh Prof. Hazairin sebagai teori Iblis,” tegasnya.

Sekarang teori resepsi itu, ujar Abdul Choir, dikembangkan lagi oleh Snouck Hougrounje-Snouck Hougrounje baru.

Menurut Abdul Choir, Islam sendiri tidak anti budaya. Bahkan, ‘urf atau adat istiadat dapat menjadi salah satu landasan pembentukan hukum dalam teori hukum Islam.

“Islam itu dekat dengan budaya, dekat bukan arti Islam tunduk dengan budaya. Bahkan ‘urf atau adat menjadi salah satu pembentukan hukum sepanjang tidak bertentangan syariat. Tetapi, adat tidak boleh menegasikan syariat,” ucapnya.

Bahkan, sambung Abdul Choir, dalam dakwah Islam juga menggunakan pendekatan budaya.

“Islam masuk dengan pendekatan budaya, itu iya. Tapi, sepanjang budaya tidak bertentangan dengan syariat. Karena Islam tidak mengenal ruang dan waktu atau geografi,” pungkasnya.

Abdul Choir menegaskan kebijakan nativisasi yang dilakukan Dedi Mulyadi memiliki landasan teorinya, yaitu teori resepsi. [kt]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.