Maskapai Rayani Airlines Terapkan Penerbangan Syariah di Asia



Malaysia (Headlineislam.com) – Minggu pagi 20 Desember 2015, maskapai penerbangan asal negeri jiran “Rayani Airlines” membuat gebrakan dengan melaksanakan penerbangan sesuai syari’ah untuk pertama kalinya di Malaysia.

Dalam keterangan pers direktur maskapai Rayani Airlines, Ja’far Zamhari, mengatakan bahwa penerbangan syari’ah pertama yang menjadi project adalah rute Kuala Lumpur menuju Pulau Langkawi.

Tidak ada protes dari 134 penumpang yang terdiri dari berbagai umat beragama seperti Muslim, Kristiani, Budha, dan Hindu. Bahkan disisi lain mereka justru senang dan terkesan dengan penerbangan Syari’ah Rayani Airlines.


Selain berdoa sebelum keberangkangkatan pesawat dan penyediaan makanan halal serta tanpa minuman memabukkan, para pramugari dan pramugara di maskapai ini juga telah mengenakan busana syar’i meskipun masih harus banyak perbaikan terutama pakaian yang cenderung ketat bagi kaum hawa.

Perlu diketahui bahwa Rayani Airlines menjadi maskapai kedua di Asia Tenggara yang menyelenggarakan penerbangan secara syari’ah, setelah Royal Brunei yang terlebih dahulu melakukannya sejak beberapa tahun yang lalu.

Tercatat di Benua Asia hanya ada 4 maksapai penerbangan yang menyelenggarakan penerbangan secara Islami, yaitu Saudi Arabian Airlines, Iran Airways, Royal Brunei, dan yang terbaru Rayani Airlines.

Oia untuk di Indonesia yang mayoritas adalah Muslim kapan yaa ada maskapai penerbangan yang menjalankan regulasinya sesuai syari’ah. (em)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.