Kapolda Metro Jaya: Pancasila Tidak Kompatibel dengan Islam


Jakarta (Headlineislam.com) – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian menyebutkan bahwa Pancasila dinilai tidak kompatibel dengan Islam.

Menurut Tito keduanya memang menjadi masalah dari awal pembentukannya. "Pancasila tidak kompatible dengan Islam. Karena dari mulanya sudah problem," ungkap Tito pada Konferensi Radikalisme-Deradikalisme yang diadakan Goethe Institute, Menteng Jakarta, beberapa hari lalu. 
Tito melanjutkan, "Kita masih ingat tentang majelis yang membahas pembentukan negara dan dasar negara. Banyak sekali tantangan-tantangan dalam Pancasila.”

Selain itu hal kontroversial yang dipermasalahkan hingga kini adalah perihal penghapusan beberapa kalimat dalam Piagam Jakarta. Hal tersebut dinilainya menunjukan terjadi pertentangan mendasar bagi Pancasila dengan Islam.

"Saya kira kita masih ingat tentang Piagam Jakarta yang pasal satunya didrop. Yang akhirnya dicukupkan dengan 'Ketuhanan Yang Maha Esa,' yang tadinya ada kalimat ' Syariat Islam bagi pemeluk pemeluknya'. Itu sudah menunjukan terjadinya pertentangan," ungkap Tito. (vi)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.